Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat Berbantuan Alat Peraga OBIBUL Siswa Kelas VI

Authors

  • Muhammad Haris Adianto Universits PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, alat peraga

Abstract

Penelitiansini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bilangan bulat berbantuan alat peraga OBIBUL. Penelitian ini menggunakan metode penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model deskriptif komparatif. Deskriptif komparatif adalah membandingkan kondisi awal sebelum dilakukan tindakan dengan  siklus 1 dan siklus 2. Penelitian ini dilakukan di kelas VI B SDN Tambakrejo 01 Semarang. Dengan subjek penelitian sebanyak 28 peserta didik yang terdiri dari  10 peserta didik laki- laki dan 18 peserta didik perempuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebelum menggunakan alat peraga obibul, hasil belajar matematika siswa kelas SDN Tambakrejo 01 Semarang masih rendah hanya 32% siswa yang mencapai ketuntasan belajar diatas KKM, sementara masih ada 68% siswa yang masih dibawah KKM. Sehingga peneliti melakukan tindakan kelas berupa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga. Dapat dilihat dengan adanya peningkatan setiap siklusnya siklus I dengan ketuntasan sebesar 64% diatas KKM. Pada siklus I meski terjadi peningkatan pada hasil belajar setelah digunakanya alat peraga obibul dalam pembelajaran namun hasilnya belum mencapai tingkat yang diinginkan oleh peneliti, sedangkan pada siklus II dilakukan pembelajaran lanjutan Sehingga terjadi peningkatan sebesar 82% siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM dari siklus 1 ke siklus 2 bisa dilihat bahwa hasil belajar matematika materi bilangan bulat berbantuan alat peraga obibul  kelas VI B SDN Tambakrejo 01 efektif dalam pembelajaran karena yang awalnya rendah terjadi peningkatan pada akhir siklus II. 

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-4

Pradana, D. P. (2021). Perbandingan Metode Ceramah Dan Cerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Katolik Di Kota Madiun (Doctoral dissertation, WINAPress)

Pradana, D. P. (2021). Perbandingan Metode Ceramah Dan Cerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Katolik Di Kota Madiun (Doctoral dissertation, WINAPress)

Ferryka, P. Z. (2018). Permainan ular tangga dalam pembelajaran matematika di sekolah dasa

Arifuddin, A., & Arrosyid, S. R. (2017). Pengaruh Metode Demonstrasi dengan Alat Peraga Jembatan Garis Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 165. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1834

Batubara, H. H. (2015). Penelitian Penelitian Pengembangan Media PembelajaranInteraktif pada Materi Operasi Bilangan Bulat Pengembangan Media PembelajaranInteraktif pada Materi Operasi Bilangan Bulat INFORMASI. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1–12.

Deswanti, I. A. P., Santosa, A. B., & William, N. (2020). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 20–28. https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/39/11

Fatmawati, E., Karmin, K., & Sulistiyawati, R. S. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 12(1), 24–31. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v12i1.959

Herlina, M., Syahfitri, J., & Ilista, I. (2020). Perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif dengan model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(01), 42–54. https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.666

Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346–354. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223

Safitri, F. N., Reffiane, F., & Subekti, E. E. (2020). Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri Terhadap Hasil Belajar. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 492–498. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/29040

Setiono, F. E., Sarwanto, & Suparmi. (2012). Problem Based Learning dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Simulation Based Laboratory (SBL) dan Video Based Laboratory (VBL). Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 2(20), 25–36.

Silalahi, U. (2017). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 43. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf

Supriyanto, B. (2014). Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran, 3(2), 165–174.

Tagiran, A. R. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Alat Peraga Papan Berpaku Pada Pokok Bahasan Persegi Siswa Kelas VI SDN 091380 Saribujandi Tahun Pelajaran 2019/2020. Digital Repository, 1–64.

Wabula, M., Papilaya, P. M., & Rumahlatu, D. (2020). Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan video dan problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(01). https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.657

Wulantari, & Sukardi. (2018). Jurnal sejarah dan pembelajaran sejarah. Kalpataru Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah Terbit, 4(1), 69–75.

Yanuarta, L., Gofur, A., & Indriwati, E. (2017). Pengembangan Karakter dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Dengan Pembelajaran Think Talk Write Dipadu Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(2), 192–198.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Muhammad Haris Adianto. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat Berbantuan Alat Peraga OBIBUL Siswa Kelas VI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2314–2320. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5384

Issue

Section

Prosiding 2023