Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Dengan Pendekatan Permainan Lompat Tali Pada Siswa Kelas VII D SMPN 37 Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025

Authors

  • Arizal Dani Gustira Universitas PGRI Semarang
  • Dani Slamet Pratama
  • Fajar Ari Widiyatmoko

Keywords:

Student Achievement, Long Jump, Jump Rope, Action Research, Learning, lompat jauh, permainan lompat tali, hasil belajar, PTK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi lompat jauh gaya jongkok melalui pendekatan permainan lompat tali. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap teknik dasar lompat jauh dan kurangnya motivasi dalam mengikuti pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMPN 37 Semarang yang berjumlah 32 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus melalui pendekatan tindakan kelas yang mencakup tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan tes keterampilan. Hasil menunjukkan bahwa pendekatan permainan lompat tali dapat meningkatkan pencapaian siswa secara signifikan. Persentase siswa yang mencapai KKM meningkat dari 65,63% pada pre-test menjadi 75% pada siklus 1 dan 93,75% pada post-test. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan yang menyenangkan dan melibatkan aktivitas fisik mampu meningkatkan kemampuan motorik serta motivasi belajar siswa dalam pembelajaran lompat jauh.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics.

Desi Pristiwanti, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, & Ratna Sari Dewi. (2022). Pengertian Pendidikan. 4. http://repo.iain-

Hafidz, I. A., Afrinaldi, R., & Syafei, M. M. (2021). Survei Pengetahuan Siswa Terhadap Pembelajaran Atletik Nomor Lompat Jauh di SMAN 1 Rengasdengklok. Jurnal Layanan Olahraga, 104–109.

Halim, A., Savitri Noor, L., Putu, I., Dharma Hita, A., Cahyo, A. D., Risdwiyanto, A., & Utomo, J. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Jasmani. Community Development Journal, 4(2), 1601–1606.

Harsono. (2015). Coaching dan Aspek-aspek Psikologis dalam Olahraga. Pusat Pembinaan dan Latihan Olahraga Pelajar.

Imam Abdul Hafidz, Rolly Afrinaldi, & Muhammad Mury Syafei. (2021). Survei Pengetahuan Siswa Terhadap Pembelajaran Atletik Nomor Lompat Jauh di SMAN 1 Rengasdengklok. 104–109. https://journal.unsika.ac.id/index.php/JLO

Latif, M., & Wulandari, R. (2022). Pengaruh Model Permainan terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh. Jurnal Sport Science, 11(2), 89–96.

Nurfauzan, P. (2018). Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Penguasaan Teknik Dasar Lompat Jauh Siswa Pada Pembelajaran Atletik Di Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 2(2), 254. https://doi.org/10.32934/jmie.v2i2.77

Nurhadi, D. (2018). Permainan Edukatif dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Aktivitas Jasmani Indonesia, 4(1), 17–25.

Puspitasari, R. N. (2016). Pengaruh Permainan Tradisional Karetan Terhadap Pembelajaran Motorik Kasar Atletik Lompat Jauh.

Rahayu, S., & Fitriani, Y. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 8(1), 12–19.

Saputra, M. A., & Suherman, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok Berbasis Video. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 1(1), 45–54.

Siedentop, D. (2009). Introduction to Physical Education, Fitness and Sport (7th ed.). McGraw-Hill.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Yulia Sari, Y., Putri Ulfani, D., & Ramos, M. (2024). Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga Terhadap Anak Usia Sekolah Dasar (Vol. 6, Issue 2). https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pgsd/login

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Dani Gustira, A., Slamet Pratama, D., & Ari Widiyatmoko, F. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Dengan Pendekatan Permainan Lompat Tali Pada Siswa Kelas VII D SMPN 37 Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020299. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6972

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Similar Articles

<< < 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.