Implementasi Model ASSURE berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik
Keywords:
Assure, Problem Based Learning, Keaktifan, Hasil belajarAbstract
Aktivitas peserta didik selama pembelajaran sangat menjadi bagian yang utama dalam berlangsungnya proses pembelajaran yang berkualitas, sehingga bisa membuat anak-anak memaknai apa itu pembelajaran. Minimnya pengetahuan membuat anak enggan untuk aktif dalam sebuah proses pembelajaran, sehingga proses yang dijalaninya dan hasil akhirnya akan berdampak kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model ASSURE berbasis Problem Based Learning. Subjek penelitian ini diambil dari peserta didik kelas X-10 SMA Negeri 2 Semarang dengan jumlah 36 peserta didik. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan saat semester Genap pada Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk membandingkan data kuantitatif berupa hasil belajar peserta didik setiap siklus dan analisis kualitatif. Keabsahan data diuji menggunakan teknik triangulasi berupa triangulasi sumber dan triangulasi teknik, dan presentase pada aspek keaktifan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan keaktifan dan hasil belajar dapat diupayakan dengan model ASSURE berbasis Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika materi statistika. Pada kondisi awal, keaktifan peserta didik mendapatkan sebesar 59,18%, kemudian pada saat tindakan siklus I keaktifan naik menjadi 72,50%, dan bertambah baik kembali pada siklus II menunjukkan sebesar 80,29%. Untuk hasil belajar dari kondisi awal dengan nilai sebesar 63,417, meningkat menjadi 78,864 pada siklus I, dan bertambah meningkat pada siklus II sebesar 85,056, dengan hal tersebut maka dapat dikatakan tindakan dalam penelitian ini dapat memberikan dampak positif.
References
Aldi, G., Wijoyo, S. H., dan Rokhmawati, R. I. (2022). Pengaruh Ice Breaking terhadap Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer , 6(10), 4621–4629.
Anggraini, A. A., dan Saputra, E. R. (2023). Implementasi Pengembangan Infografis Terintegrasi sebagai Media dan Suplemen Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(2), 617–638.
Arnidha, Y., dan Noerhasmalina, N. (2018). Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran Matematika. JURNAL E-DuMath, 4(2), 46.
Ayu Malia, Ellinia Ika Gustiani, Dwi Ratih Puspitasari, Dhini Huda Chasanati, Asep Purwo Yudi Utomo, dan Diyamon Prasandha. (2023). Penerapan Model ASSURE dengan Media Mentimeter pada Pembelajaran Karya Ilmiah Kelas XI SMA. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan
Darlis, N., dan Movitaria, M. A. (2021). Penggunaan Model Assure untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2363–2369.
Djonomiarjo, T. (2019). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar. 39–46.
Dwi Candra Fahrul Aditya Wahyu Hidayat, P. U. K. (2022). Apakah Hasil Belajar Ekonomi Dipengaruhi Oleh Motivasi Belajar Dan Keaktifan Belajar. 18(2), 302–316.
Fajri, L., Herianto, E., dan Sawaludin, S. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Media Komik terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII di SMP Negeri 2 Lingsar. Manazhim, 4(2), 371–382.
Farida Payon, F., Andrian, D., dan Mardikarini, S. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas III SD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(02), 53–60.
Hamapinda, E., Ngaba, A. L., Tamu, Y., Nuhamara, I., Studi, P., Matematika, P., Kristen, U., dan Wacana, W. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas vii pada materi operasi bilangan bulat. Edumatica Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 46–54.
Hidayanti, R., Alimuddin, dan Syahri’, A. A. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender Pada Siswa Kelas VII.1 Smp Negeri 2 Labakkang. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12(1), 71–80.
Hidayati, R. N. (2021). Implementasi Model Assure Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Mi Nurul Hidayah. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 131–148.
Ibrahim Maulana Syahid, Nur Annisa Istiqomah, dan Azwary, K. (2024). Model Addie Dan Assure Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(5), 258–268.
Indriati, W. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Statistika melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Microsoft Excel. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 157–163.
Isnawan, M. G., dan Wicaksono, A. B. (2018). Model Desain Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 47.
Jian Fitri Aprilia, Falistya Roisatul Mar’atin Nuro, K. N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II Pada Materi Penerapan Nilai-nilai Pancasila Melalui Model PBL DI SDN KEPUH 1 Kabupaten Kediri. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1(April), 2967–2977.
Kanza, N. R. F., Lesmono, A. D., dan Widodo, H. M. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas Di Kelas Xi Mipa 5 Sma Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 71.
Layn, M. R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Assure terhadap Hasil Belajar Siswa. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 36–48.
Lesmana, W., Sutisnawati, A., dan Maulana, L. H. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individual Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1308–1305.
Manuahe, Y. M. R. (2024). Teknologi sebagai Media Komunikasi Interaktif dalam Pendidikan Agama Kristen. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 4(April).
Mardani, N.B. Atmadja, dan I.N.Suastika. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 55–65.
Muah, T. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (Pbi) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 9B Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/2015 Smp Negeri 2 Tuntang - Semarang. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 41.
Nabillah, T., dan Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2(1), 659.
Nainggolan, M., Tanjung, D. S., dan Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617–2625.
Niswatin, K., Zainiyati, H. S., Al Hana, R., dan Hamid, A. (2022). Desain Pembelajaran Model Assure Pada Materi Al-Quran Hadits Berbasis Video Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian, 15(2), 229.
Putra, A. L., Kasdi, A., dan Subroto, W. T. (2019). Pengaruh Media Google Earth Terhadap Hasil Belajar Berdasarkan Keaktifan Siswa Kelas Iv Tema Indahnya Negeriku Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(3), 1034–1042.
Rachmawati, N. L., Angganing, P., dan Riyadi, S. (2021). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 1–8.
Rahmayanti, D., Supriyanto, D. H., dan Khusniyah, T. W. (2022). Pengaruh Keaktifan Bertanya Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 6(1), 34.
Salsabila, F., Muslim, B., Amin, F., dan Mulyanti, D. S. (2022). Efektifitas Metode Pembelajaran Pada Materi Stoikiometri: Review Literatur. Prosiding Seminar Nasional OPPSI, 2(1), 131–135.
Samsinar, D. (2023). Merdeka Belajar: Guru Penggerak. In Akademia Pustaka.
Sururuddin, M., Husni, M., Jauhari, S., dan Aziz, A. (2021). Strategi Pendidik Dengan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Didika : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 143–148.
Tegeh, I. M., dan Pratiwi, N. L. A. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Keaktifan Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Jurnal IKA, 17(2), 150.
Titu, M. A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi konsep masalah ekonomi. Prosiding Seminar Nasional, 9, 176–186.
Wardani, D. A. W. (2023). Problem Based Learning: Membuka peluang kolaborasi siswa. International Journal of Technology, 47(1), 100950.
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139.
Yulianti, Y. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Membangun Generasi Emas Indonesia. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 28.