Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Peserta Didik Kelas XI

Authors

  • Nur Asiyah

Keywords:

Canva, Discovery Learning, Kreativitas Peserta Didik, Pembelajaran berdiferensiasi

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas-Kolaboratif yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar biologi materi sel dengan menggunakan model Discovery learning. Penelitian ini dilakukaan pada saat PPL II di Kelas XI-C2 SMA Negeri 11 Semarang yang berjumlah 36 siswa, meliputi 12 laki-laki dan 24 perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengukur kreativitas peserta didik dan soal tes untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran Discovery learning adalah memahami konsep, arti, dan hubungan melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Peserta Didik pada Materi Sel dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar peserta didik Kelas XI-C2 SMA Negeri 11 Semarang. Hasil penelilitian menunjukkan peningkatkan kreativitas peserta didik dengan presentase rata-rata sebesar 90% (kategori sangat baik), presentase ketuntasan hasil belajar sebesar 83% dengan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 30 dari total 36 peserta didik..

References

Asih, R. D. A., Mulyaningrum, E. R., dan Nurwahyunani, A. (2018). Pengaruh Pendekatan Bioentrepeneurship Melalui LSLC terhadap Minat Berwirausaha dan Kreativitas Siswa pada Materi Ekologi Di SMA N 1 Toroh. Prosiding: Seminar Nasional Sains dan Entrepreneurship V Tahun 2018. Upgris: 62-70.

Fatmah, Heryani. (2021). Kreativitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bioteknologi Dengan Pjbl Berbasis Steam. Jurnal Ilmiah Pendidikan 05 (April):7–14.

Hartanto. (2011). Mengembangkan Kretivitas Siswa Melalui Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri. Jurnal Kependidikan TRIADIK, 14(1).

Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX.A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123–140.

Khazali, I., & Siswanto, J. (2020). Pemanfaatan Limbah Organik Cair pada Tanaman Apotik Hidup untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMA Negeri 2 Pemalang pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 14 (2): 181-15.

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 276.

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 336.

Restiani, S., Yeyen, I., & Fatonah, E. (2021). Analisis Faktor Pendukung Keberhasilan Pemenang Kompetisi Matematika Di SMP Al Fath Cirendeu. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. E-ISSN: 2714-6286. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

Rosadi, C. D. (2014). Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Relasi dan Fungsi Melalui Penerapan PBL Pada Siswa Kelas VIII A SMP Harapan Mulia Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati. Denpasar.

Salsabila, A., & Puspitasari. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Dakwah. Vol. 2. No 2 https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Selvianus S., Riastanti, Putu., & Widayanti, M. (2013). Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbantuan tutor sebaya terhadap hasil belajar biologi ditinjau dari motivasi belajar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 3 Tahun 2013

Siswono, T. Y. E. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unesa University Press, Surabaya.

Solikhatun, Imah., Santosa, S., & Maridi. (2015). Pengaruh Penerapan Reality Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 7 No. 3, Oktober 2015, pp.49-60

Suwartiningsih. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronik dan Informatika. Vol. 7 No 2.

Tomlinson, C. A. (2001). How TO Differentiate instruction in mixed-ability classrooms. In Association for Supervision and Curriculum Development.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Asiyah, N. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Peserta Didik Kelas XI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3946–3954. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5730

Issue

Section

Prosiding 2023