203. Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 SDN Sitirejo

Authors

  • Okhtafiana Nor Hidayah
  • Joko Suliantio
  • Yeni Susilowati

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil belajar, Muatan Bahasa Indonesia, Tematik

Abstract

Kurangnya kemampuan guru dalam menciptakan proses pembelajaran yang bermakna kemudian berdampak pada rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia siswa.  Tujuan penelitian ini adalah menganalisis model Problem Based Learning terhadap hasil belajar muatan pelajaran bahasa Indonesia untuk siswa kelas dua sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di tiga siklus. Setiap siklus penelitian tindakan kelompok terdiri dari empat siklus tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II A yang berjumlah 26 siswa. 9 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Koleksi Data penelitian ini dilakukan menurut metode pengujian tergantung pada jenis pengujiannya adalah tes pilihan ganda standar. Data yang dikumpulkan dianalisis analisis statistik deskriptif. Ini ditunjukkan oleh hasil rata-rata hasil belajar mata pelajaran (muatan mata pelajaran Bahasa Indonesia) pada Siklus I berada pada kategori rendah sebesar 63,93, lanjut studi tersebut Siklus II, dan siklus III sebagai penentuan hasil akhir. Siklus II rata-rata hasil belajar mata pelajaran untuk konten bahasaIndonesia adalah 79,82 dengan kelas tinggi. Menurut hasilPenelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah efektif Dalam meningkatkan hasil belajar tematik muatan bahasa Indonesia.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Hidayah, O. N. ., Suliantio, J. ., & Susilowati, Y. . (2023). 203. Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 SDN Sitirejo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1816–1825. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4267

Issue

Section

Prosiding 2023