244. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Model Problem Based Learning di SD 1 Wergu Wetan

Authors

  • Ana Sofiatulmaula Universitas PGRI Semarang
  • Sukamto Universitas PGRI Semarang
  • Dewi Rinawati SD 1 Wergu Wetan

Keywords:

Model Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI Tema 8 Bumiku di SD 1 Wergu Wetan dengan menggunakan model problem based learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas dengan subjek 28 peserta didik.Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Selama siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah Model Problem Based Learning (PBL). Sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa tes.Tes dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran.Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I dan siklus II yaitu persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 75 % pada siklus I dan meningkat menjadi 93% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar tersebut disebabkan oleh penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang mendorong peserta didik berpikir kreatif dan aktif dalam pemecahan masalah.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Sofiatulmaula, A., Sukamto, & Rinawati, D. (2023). 244. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Model Problem Based Learning di SD 1 Wergu Wetan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2171–2177. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4310

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)