PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SENAM GERAK IRAMA KELAS X.8 SMA NEGERI 11 SEMARANG

Authors

  • thania kusumaningtyas UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Aryan Eka Prastya Nugraha Universitas PGRI Seamarang
  • Galih Dwi Pradipta Universitas PGRI Seamarang
  • Heri Siswanto Universitas PGRI Seamarang

Keywords:

Culturally Responsive Teaching, Senam Gerak Irama, PTK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar senam gerak irama siswa kelas X SMA Negeri 11 Semarang melalui penerapan model pembelajaran Culturally Responsive Teaching (CRT). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas X. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes praktik, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CRT mampu meningkatkan partisipasi dan keterampilan gerak siswa secara signifikan. Kesimpulannya, model CRT efektif dalam meningkatkan hasil belajar senam gerak irama dengan memperhatikan latar belakang budaya siswa.

Author Biographies

thania kusumaningtyas, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Semarang

Aryan Eka Prastya Nugraha , Universitas PGRI Seamarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Semarang

Galih Dwi Pradipta, Universitas PGRI Seamarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Semarang

Heri Siswanto, Universitas PGRI Seamarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Semarang

References

Arikunto, S., dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) SMA/MA Kurikulum Merdeka.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kurikulum 2004: Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdiknas.

Emmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Gay, G. (2010). Culturally Responsive Teaching: Theory, Research, and Practice. New York: Teachers College Press.

Ladson-Billings, G. (1995). Toward a Theory of Culturally Relevant Pedagogy. American Educational Research Journal, 32(3), 465–491.

Modul Ajar PJOK Kelas X Kurikulum Merdeka. (2022). Jakarta: Kemdikbudristek.

Muhajir. (2007). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Erlangga.

Muhajir. (2007). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Erlangga.

Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Siedentop, D. (2007). Introduction to Physical Education, Fitness, and Sport. New York: McGraw-Hill.

Siedentop, D. (2012). Introduction to Physical Education, Fitness, and Sport. New York: McGraw-Hill.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukintaka, A. (2011). Pengantar Ilmu Kepelatihan Olahraga. Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

kusumaningtyas, thania, Eka Prastya Nugraha , A., Dwi Pradipta, G., & Siswanto, H. (2025). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SENAM GERAK IRAMA KELAS X.8 SMA NEGERI 11 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020249. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7105

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Similar Articles

<< < 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.