176. Penerapan PjBL Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Materi Sistem Tata Surya

Authors

  • Shiliya Lana Nadhifah Universitas PGRI Semarang
  • Ipah Budi Minarti Universitas PGRI Semarang
  • Nunik Farida SMP Negeri 6 Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Minat Belajar, PjBL

Abstract

Keberhasilan pendidikan di sekolah dapat dipantau dari hasil belajar yang telah dicapai siswa. Tinggi rendahnya hasil belajar dapat disebabkan oleh berbagai factor, salah satunya adalah minat belajar peserta didik.  Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk menganalisis penerapan model pembelajaran berbasis projek (PjBL) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas VIID. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan dan pengamatan (act and observe), serta refleksi (reflect). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, penyebaran angket, serta soal penilaian harian. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan rata-rata minat belajar sebesar 66% pada siklus 1 menjadi 76% pada siklus 2 dengan kriteria tinggi dan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 80  dengan 7 peserta didik yang masih di bawah KKM pada siklus 1 menjadi 89 pada siklus 2 dengan satu peserta didik yang hasil belajar kognitifnya belum mencapai batas KKM. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Nadhifah, S. L., Minarti, I. B., & Farida, N. (2023). 176. Penerapan PjBL Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Materi Sistem Tata Surya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1590–1597. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4149

Issue

Section

Prosiding 2023