229. Upaya Peningkatan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Pati Lor 03
Keywords:
Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Pendidikan Bahasa IndonesiaAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di kelas IV SDN Pati Lor 03. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan subjek penelitian ini adalah siswa di kelas IV SDN Pati Lor 03 yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rata-rata nilai, persentase ketuntasan belajar dan data observasi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas IV SDN Pati Lor 03. Hal ini dapat dibuktikan dari rata-rata nilai siswa yang sebelum diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah 68, dan murid yang mendapatkan nilai di atas 70 adalah 43%. Dari hasil siklus I rata-rata nilai siswa memperoleh 63, dan siswa yang mendapatkan nilai di atas 70 adalah 50%. Setelah siklus II diperoleh rata-rata nilai murid 77,91, dan murid yang mendapatkan nilai di atas 70 adalah 90.55% menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).