Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lay Up Permainan Bola Basket Pada Peserta Didik Kelas X Tjkt 2 Smk Negeri 5 Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025

Authors

  • Aditya Asmara Jati Universitas PGRI Semarang
  • Rahmat Sudrajat Universitas PGRI Semarang
  • Maftukin Hudah Universitas PGRI Semarang
  • Erria Soedjadianto SMK Negeri 5 Semarang

Keywords:

TaRL, Bola Basket, Lay up

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan rasa ingin tahu siswa dalam pembelajaran PJOK dibantu oleh Mengajar di Tingkat yang tepat, sementara. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas X TJKT 2 SMK Negeri 5 Semarang. Instrumen penelitian terdiri dari tes hasil belajar dan kuesioner keingintahuan. Berdasarkan temuan dan pembahasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa mengajar layup dalam bola basket menggunakan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) di TJKT 2 SMK Negeri 5 Semarang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan pencapaian indikator keberhasilan pada siklus II, yang meliputi rata-rata skor hasil belajar sebesar 83,52 dengan proporsi penguasaan klasik sebesar 72,22%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Pelaksanaan Pembelajaran Terferensiasi Melalui Pengajaran di Tingkat Yang Tepat (TaRL) dapat Meningkatkan Capaian Pembelajaran Layup Bawah Permainan Basket bagi Siswa Kelas X TJKT 2 SMK Negeri 5 Semarang.

References

Rahman, Aulia. "Meningkatkan Hasil Belajar Shooting Bola Basket Melalui Metode Pembelajaran Teaching At The Right Level (Tarl) Pada Siswa Kelas X-3 SMAN 3 Jombang Tahun Pelajaran 2022-2023." Journal On Education 6.1 (2023): 2036-2043.

Saitya, Imaduddin. "Pentingnya Perencanaan Pembelajaran pada Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan." PIOR: Jurnal Pendidikan Olahraga 1.1 (2022): 9-13.

Subekti, Mauli Ardian. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lay up Bawah Pada Permainan Bola basket Melalui Pendekatan [4]Pembelajaran Reciprocal Pada Siswa kelas VII smp Negeri 5 Kartasura. Artikel Penelitian Tindakan Kelas. 1-26

Wulandari, A.S (2022). Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA. Volume 12. Nomor 3, September 2022 | ISSN: 2088-0294 | e- ISSN: 2621-9166 https://doi.org/10.37630/jpm

Downloads

Published

2025-06-11

How to Cite

Aditya Asmara Jati, Rahmat Sudrajat, Maftukin Hudah, & Erria Soedjadianto. (2025). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lay Up Permainan Bola Basket Pada Peserta Didik Kelas X Tjkt 2 Smk Negeri 5 Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 2503010174. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7168

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.