Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Bantuan LKPD Berbasis TaRL

Authors

  • Muhammad Hasanul Muna Universitas PGRI Semarang
  • Lukman Harun
  • Masruhan Mufid

Keywords:

PBL, LKPD, TaRL

Abstract

Pembelajaran abad ke-21 menekankan pentingnya pengembangan keterampilan siswa, termasuk dalam mata pelajaran matematika. Namun, hasil belajar matematika di Indonesia masih rendah, terutama karena pendekatan pembelajaran yang kurang efektif dan beragam. Penelitian ini mengaplikasikan penelitian berbasis masalah dengan dukungan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Teaching at The Right Level (TaRL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Melalui penelitian tindakan kelas di SMK N 07 Semarang, ditemukan peningkatan signifikan dalam pencapaian siswa, dengan ketuntasan minimal meningkat dari 33,3% ketika pra siklus menjadi 52,8% pada siklus satu dan meningkat menjadi 77,8% pada siklus 2 setelah penerapan pembelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berbantuan LKPD berbasis TaRL berpotensi besar dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Alfiana, L., & Dewi, N. R. (2019). Kajian Teori: LKPD Berbasis Kontekstual pada Model Preprospec Berbantuan TIK untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 275–281. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Bawa, I. K. (2019). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Self-Efficacy dan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 3(2), 90–99. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index

Damayanti, E., Susiswo, S., & Sa’dijah, C. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 1–15. https://doi.org/10.26594/jmpm.v7i1.2595

Fatmawanti, I. D., & Istihapsari, V. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Materi Segiempat Segitiga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika, 1(2), 1–11. https://doi.org/10.56587/jipm.v1i2.32

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40–47.

Gempita, L. E., Alfiandra, A., & Murniati, S. R. (2023). Penerapan Model TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik SMP. Jurnal Basicedu, 7(3), 1816–1828. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5592

Indrayanti, N. K. D., Arrang, N. L. A. D. N., Dewi, N. M. R. C., Anwar, K., & Hasanah, U. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD QR-Code untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas V Sd Negeri 1 Lalanglinggah. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 315–322. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i1.2145

Listyaningsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Tarl Model PBL Dalam Matematika Kelas V SDN Bendan Ngisor. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(6). https://doi.org/10.5281/zenodo.8139269

OECD. (2004). Learning for Tomorrow’s World: First Results from PISA 2003 Programme for International Student Assessment OECD. PISA, OECD Publisher. www.copyright.com.

OECD. (2007). PISA 2006: Science Competencies for Tomorrow’s World: Vol. I. Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). www.sourceoecd.org/9789264040007

OECD. (2010). PISA 2009 Results: What Students Know and Can Do: Vol. I. Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). https://doi.org/10.1787/9789264091450-en

OECD. (2014). PISA 2012 Results in Focus: What 15-year-olds know and what they can do with what they know. Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).

OECD. (2016). PISA 2015 Results (Volume I): Excellence and Equity in Education. PISA, OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264266490-en

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. PISA, OECD Publishing. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Prihandono, T., Supriyono, A., Meilina, I. L., & Ernasari. (2023). Penerapan E-LKPD Interaktif Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheets untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pembelajaran Fisika, 12(3), 114–126.

Umayah, Y. (2019). Penerapan Model Discovery Learning dalam Mengatasi Kecemasan Matematika Siswa SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 74–84. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i2.1778

Wedekaningsih, A., Dewi Koeswanti, H., & Giarti, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 3(1), 21–26. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Muhammad Hasanul Muna, Lukman Harun, & Masruhan Mufid. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Bantuan LKPD Berbasis TaRL. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 148–153. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5795

Issue

Section

Matematika