Peningkatan Keterampilan Dasar Lari Estafet: Model Team Games Tournament (TGT) Siswa XI-5 SMANegeri 11 Semarang
Keywords:
PTK, Lari Estafet, Keterampilan Dasar, TGTAbstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan meningkatkan keterampilan dasar menerima dan memberikan tongkat lari estafet pada siswa kelas XI-5 SMA Negeri 11 Semarang melalui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Dilaksanakan dalam dua siklus, penelitian ini mengumpulkan data kuantitatif dari tes keterampilan pra-siklus dan pasca-siklus, serta data kualitatif dari observasi dan catatan lapangan. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada rata-rata skor keterampilan dan persentase ketuntasan belajar siswa. Skor rata-rata keseluruhan naik dari 75,71 di pra-siklus menjadi 77,28 di pasca-siklus I, dan mencapai 88,78 di pasca-siklus II. Ketuntasan belajar siswa juga meningkat drastis dari 60% di pra-siklus menjadi 71% di pasca-siklus I, serta mencapai 100% di pasca-siklus II. Data kualitatif turut menguatkan temuan ini, menunjukkan bahwa model TGT berhasil meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan kerja sama siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model TGT efektif dalam meningkatkan keterampilan lari estafet siswa, dan disarankan bagi guru pendidikan jasmani untuk mempertimbangkan penggunaannya sebagai alternatif pembelajaran inovatif.
References
Hasbillah, M., & Suparman, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing dalam Permainan Sepak Bola melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Siswa SMP Negeri 1 Tanasitolo Kabupaten Wajo. Jendela Olahraga, 6(1), 113–120. https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6957
Herawati Susilo, Husnul Chotimah, & Yuyun Dwita Sari. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Ma’arif, I. (2024). Buku Ajar Keterampulan Teknik Dasar Atletik (Salsa, Ed.; 1st ed.). Haura Utama.
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Mustafa, P. S. (2022). Peran Pendidikan Jasmani untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.6629984
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821