Improving Students Speaking Ability By Using Role Play In Learning Narrative Text

Authors

  • Miftakhul Janah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Keterampilan berbicara, Role Plaay, Teks Narratif

Abstract

Tindakan kelas ini dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan metode bermain peran dalam pembelajaran teks narasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI AKL 1 SMK Negeri 2 Semarang di. Subjek penelitian ini berjumlah 36 siswa, terdiri dari 1 siswa laki-laki dan 35 siswa perempuan. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan instrumen observasi kelas dan tes. Penelitian diawali dengan prasiklus dan dilanjutkan dalam dua siklus. di setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. berdasarkan hasil intrumen observasi peserta didik pada siklus I ditemukan bahwa skor rata-rata berada pada tingkat 71.4, sedangkan pada siklus II 92,85. Pada instrumen lainnya, berupa tes dapat disimpulkan bahwa  nilai rata-rata berada pada skor 76,4 dengan presentase 72% pada siklus I meningkat menjadi 82,9 dengan presentase 94% pada siklus II.  berdasarkan kedua hasil instrumen diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode Role Playing dalam pembelajaran teks naratif dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Janah, M. . (2023). Improving Students Speaking Ability By Using Role Play In Learning Narrative Text. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 330–338. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4814

Issue

Section

Prosiding 2023