Improve Personal Recount Text Writing Skills Through Serialized Images
Keywords:
menulis, personal recount text, teknik, picture seriesAbstract
Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Personal Recount Melalui Gambar Berseri Pada Siswa Kelas
Viii Smp N 37 Semarang. Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Pascasarjana, Universitas PGRI Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan teknik picture series dapat
meningkatkan keterampilan dalam menulis personal recount text pada siswa kelas VIII SMP 37
Semarang yang menjadi subjek penelitian ini. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas D yang terdiri
atas 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas yang terdiri atas
empat tahapan dalam setiap siklusnya, yaitu pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian
ini terdiri atas 1 siklus, yaitu satu siklus yang dilaksanakan untuk mengaplikasikan teknik ini.
Pengumpulan data menggunakan empat instrumen, yaitu tes, observasi, kuesioner dan dokumentasi.
Hasil analisis data disajikan dalam bentuk tabel dan grafik juga dengan penjelasan deskripsi. Hasil dari
data kuantitatif dilihat dari penerapan teknik picture series dapat meningkatkan kemampuan menulis
siswa kelas VIII SMP N 37 Semarang SEMARANG. Ini dapat dilihat dari hasil evaluasi tes dan hasil
observasi yang mengalami peningkatan signifikan selama penenerapan teknik ini dilakukan. Hasil
evaluasi sebelum diterapkannya teknik ini adalah 70,22 yang mengindikasikan bahwa nilai ini termasuk
dalam kategori kurang dan belum memenuhi standar nilai KKM. Setelah penerapan model ini pada
siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 79,54 ,dengan kategori baik. Peningkatan yang terjadi
pada pelaksanaan penelitian ini juga didukung dengan data kualitatif.
References
Arikunto, Suharsimi. 2011. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi
Aksara. Brown, J.D & Bailey, M. 1984.
A Categorical Instrument for Scoring
Second
Language Writing Skills. Language
Learning Reasearch Club.
University of Michigan.
Brown, J.D . 1978. Principles of Language
and Teaching. Englewood Clift, N.J.:
Prentice-Hall.
H. Dalman, 2014. Keterampilan Menulis.
Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Emilia, Hermawan & Tati, 2008.
Pendekatan Genre Based dalam
Kurikulum
Bahasa Inggris Tahun 2006: Penelitian
Sebuah Tindakan Kelas di Sebuah
SMP Negeri di Bandung. Bandung :
NoCategory
Value Comparison
Cycle 1 Cycle 2
Organization 17.8 21.16
Idea development 16.68 18.87
Grammar 16.39 18.35
Mechanic 19.35 21.16
Total 70.22 79.54
Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris
FPBS UPI.
Fadlun, Bahasa. 2011. Rangkuman Intisari
Bahasa Inggris. Surabaya : Pustaka
Agung Harapan.
Ghazali, H. A Syukur 2010. Pembelajaran
keterampilan Berbahasa. Malang :
Aditama.
Harmer, Jeremy. 2007. The Practice of
English Language Teaching. Cambrigde : Longman.
Hidayati.2011. Improving the Ability to
Write Narrative Discourse through the
Use of Visual Image
-Based Image
Media for FKIP UMM Students.
Denpasar: Udayana University..
Mc. Taggart, R dan Kemmis, S. 1990. The
Action Research Planner. Melbourne.
Deakin University.
Miles, M.B., and Huberman, A.M. 1994. An
Expanded Sourcebook: Qualitative
Data Analysis
-2nd Edition. London:
Sage Publication, Ltd.
Richards, J.C., and Renandya, W. A.. 2002.
Methodology in Language Teaching:
An Anthology of Current Practice.
Cambridge: Cambridge University
Press.
Tarigan, Henry Guntur. 2000. Pengajaran
Wacana. Bandung:
Angkasa.University, Melbourne, 7
-10
December (pp. 281
-289). Churchill:
Celts.