Analisis Hasil Belajar Kebugaran Jasmani melalui Model PjBL dengan Gamifikasi Ular Tangga di SMK Yayasan Pharmasi Semarang
Keywords:
Gamifikasi, Hasil Belajar Siswa, Kemampuan Berpikir Kritis, Pendidikan Jasmani, Project Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas metode pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan Gamifikasi Ular Tangga dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Kejuruan Yayasan Pharmasi Semarang. Penelitian dilakukan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas dua siklus, masing-masing melibatkan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai siswa dari 73 pada siklus I menjadi 89,2 pada siklus II, serta jumlah siswa tuntas dari 15 siswa menjadi 21 siswa. Selain itu, metode ini turut meningkatkan kepuasan siswa, pemahaman, kerja sama, kemampuan berpikir kritis, dan kreativitas mereka dalam proses pembelajaran. Meskipun kendala seperti kebosanan dan kesulitan masih ditemukan, pendekatan ini terbukti efektif dalam mendukung pembelajaran berbasis proyek. Kesimpulannya, penerapan Gamifikasi memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kualitas pembelajaran kebugaran jasmani dan memberikan potensi untuk pengembangan lebih lanjut guna mengatasi kendala yang ada.
References
Ade Yuni Sahruni, CS, A., Syahruddin, Muh Syaiful Syam, Andi Baso Husain, & Muhammad Sadzali. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Penjas pada Ranah Psikomotorik Mata Pelajaran Penjas Materi Bulutangkis. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 12(1), 54–64. https://doi.org/10.23887/jiku.v12i1.75919
Adhitya, S., Asim, W., & Widijoto, H. (2017). EVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MATAPELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMPN 6 MALANG DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT (Vol. 1, Issue 1).
Andrini, V. S. (2016). Journal of Education and Practice www.iiste.org ISSN (Vol. 7, Issue 3).
Online. www.iiste.org
Dalanon, J., Diano, L. M., Belarmino, M. P., Hayama, R., Miyagi, M., & Matsuka, Y. (2018). A PHILIPPINE RURAL SCHOOL’S ORGANIZATIONAL CLIMATE, TEACHERS’
PERFORMANCE, AND MANAGEMENT COMPETENCIES. International Journal of Research -GRANTHAALAYAH, 6(1), 248–265.
https://doi.org/10.29121/granthaalayah.v6.i1.2018.1613
Fadilla, D. A., & Nurfadhilah, S. (2022). Penerapan Gamification untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Penerapan Gamification untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh. https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK
Hendra Setyawan, & Dimyati. (2015). MODEL PERMAINAN AKTIVITAS LUAR KELAS UNTUK MENGEMBANGKAN RANAH KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTORIK SISWA SMA.
Juhrodin, Subekti, N., & Mulyadi, A. (2023). Model Pembelajaran Inquiri Berbasis Daring Dalam Pembelajaran Penjas Terhadap Kemandirian Belajar Pada Masa Covid-19. In Journal of Physical Education and Sport Pedagogy (Vol. 3, Issue 1). https://ejournal.upi.edu/index.php/JPESP/index
Julinar, N. (2024). Survey Ketahanan Psikologis, Tingkat Kesabaran dan Kebahagiaan Berdasarkan Gender dalam Pembelajaran Olahraga di SMAN 9 Semarang.
Maulidya, A. N., & Ridwan, M. (2021). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Berpikir Kreatif Mata Pelajaran PJOK.
Novitra, F., Festiyed, Yohandri, & Asrizal. (2021). Development of Online-based Inquiry Learning Model to Improve 21st-Century Skills of Physics Students in Senior High School. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 17(9), 1–20. https://doi.org/10.29333/ejmste/11152
Nurlaela, N., Komariah, L., & Rahmat, A. (2024). Pengaruh Aktivitas Fisik, Kesehatan Gizi, dan Kebugaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Penjas. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 7(2), 794–804. https://doi.org/10.31539/jpjo.v7i2.9923
Nurwahid, H., Yohanes Sulla, F., & Barella, Y. (2024). INQUIRY LEARNING: PENGERTIAN, SINTAKS DAN CONTOH IMPLEMENTASI DI KELAS (Vol. 1, Issue 2).
Olahraga, J. P., Kesehatan, D., Jasmani, P., Kesehatan, O., Rekreasi, D., Keolahragaan, I., & Kesehatan, &. (n.d.). SURVEI MINAT SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PJOK DI
SMAN 1 MENGANTI Ellahira Nadhika Fiesta*, Dwi Cahyo Kartiko. h t t p s : / / e j o u r n a l . u n e s a . a c . i d / i n d e x . p h p / j u r n a l - p e n d i d i k a n - jasmani/issue/archivehttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani
Öztürk, B., Kaya, M., & Demir, M. (2022). Does inquiry-based learning model improve learning outcomes? A second-order meta-analysis. Journal of Pedagogical Research, 6(4), 201–216. https://doi.org/10.33902/JPR.202217481
Sari, R. S., Ningsi, N., Nasarudin, N., & Hakim, A. R. (2023). Free Inquiry Learning Model with Experimental Methods on The Learning Outcomes of Class X Students of Senior High School on The Subject of Motion. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 18(2), 165–173. https://doi.org/10.15294/jpfi.v18i2.28083
Sasoko, D. M., & Mahrudi, I. (2023). TEKNIK ANALISIS SWOT DALAM SEBUAH PERENCANAAN KEGIATAN.
Suriono, Z., & Kunci, K. (n.d.). Analisis SWOT dalam Identifikasi Mutu Pendidikan. In ALACRITY : Journal Of Education (Vol. 1, Issue 3). http://lpppipublishing.com/index.php/alacrity
Suwardika, I. (2022). (2022). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Permainan Bola Besa (Sepak Bola - Teknik Dasar Passing).