Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Perbantuan Media Misteri Box di Kelas V SD Negeri Pedurungan Kidul 01 Kota Semarang
Keywords:
hasil belajar, problem based learning, media misteri boxAbstract
Tujuan diadakannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Pedurungan Kidul 01 melalui penerapan model problem based learning (PBL) dengan media misteri box. Penelitian yang telah dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali tatap muka. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Data hasil pengamatan pada tiap-tiap siklus dan pertemuan diperoleh dari data pada lembar penilaian yang diisi ketika pelaksanaan tindakan. Melalui data tersebut dapat kita ketahui ada tidaknya peningkatan kemampuan hasil belajar peserta didik. Pengamatan atau observasi mengenai kemampuan belajar dilakukan pada saat penelitian berlangsung. melalui model Problem Based Learning dengan media misteri box dapat meningkatkan belajar siswa yang dibuktikan dengan peningkatan hasil penilaian kognitif siswa pada tiap siklusnya. Pada siklus I, aktivitas siswa memperoleh skor rata-rata sebesar 65.4 pada pertemuan 1 siklus 1 dan 75.4 pada pertemuan 2 siklus 1 dengan kategori tinggi, pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan memperoleh skor rata-rata sebesar 85 pada pertemuan 1 siklus 2 dan 90 pada pertemuan 2 siklus 2 dengan kriteria sangat tinggi.
References
Adawiyah, R., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik Melalui E-LKPD dengan Bantuan Aplikasi Google Meet. Jurnal Basicedu, 5(5), 3393–3398.
Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13529
Azizah, R. N., & Abadi, A. P. (2022). Jurnal Didactical Mathematics Kajian Pustaka : Resiliensi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. 4(April), 104– 110.
Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosda Karya. Dirman, & Juarsih, J. (2014). Karakteristik Peserta Didik: Dalam Rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Siswa. PT Rineka Cipta.
Fenti, S., Patonah, S., & Nuroso, H. (2017). Pengembangan Instrumen Keterampilan Komunikasi Ilmiah dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(2), 121–128. https://doi.org/10.26877/jp2f.v8i2.1630
Fitriyah, I. M. N., & Ghofur, M. A. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Android dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1957–1970. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/718/pdf
Iman, S. A., & Firmansyah, D. (2019). Pengaruh kemampuan resiliensi matematis terhadap hasil belajar matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 356–360.
Indriani, S., Marhaeni, N. H., & Kurniati, R. (2022). Efektivitas Penggunaan E- LKPD Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Segiempat dan Segitiga. 6, 3959–3966.
kemendikbud. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 36962/MPK.A/HK/2020. Mendikbud RI, 1–2. https://www.kemdikbud.go.id/main/index.php/files/download/c5d9f0ec9ff40 c6
Komalasari, N., Margunayasa, I. G., Studi, P., Dasar, P., & Ganesha, U. P. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) PADA MATERI MATEMATIKA KELAS V SD Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha. 6(1), 75–83.
Matematika, J., Montolalu, C. E. J. C., & Langi, Y. A. R. (n.d.). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan ( Paired Sample T-Test ). 45–47.
Nazir, M. (2017). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Negoro, R. A., Hidayah, H., Subali, B., & Rusilowati, A. (2018). Upaya Membangun Ketrampilan Berpikir Kritis Menggunakan Peta Konsep Untuk Mereduksi Miskonsepsi Fisika. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 45. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p45-51
Novalia, & Syazali, M. (2014). Olah Data Penelitian Pendidikan. Lampung : AURA.
Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Pelatihan Analisis Butir Soal Berbasis Komputerisasi Pada Guru SD. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 5. https://doi.org/10.31100/matappa.v1i1.79
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Alfabeta.