251. Peningkatan Sikap Percaya Diri Siswa Melalui Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Kartu Kelas IV SD 1 Panjang

Authors

  • Ahmad Syaikhul Ulum Universitas PGRI Semarang
  • Dina Prasetyowati Universitas PGRI Semarang
  • Lasmini SD 1 Panjang Kudus

Keywords:

Percaya diri siswa dalam pembelajaran, Hasil Belajar, Project Based Learning, Media Kartu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, percaya diri siswa dalam pembelajaran, dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media kartu pada tema berbagai pekerjaan kelas IV SD 1 Panjang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam pembelajaran. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh persentase rata-rata keberhasilan sebesar 79% (baik), pada siklus II sebesar 89% (sangat baik). Persentase ketuntasan hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I memperoleh 74% (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 84% (sangat baik). Percaya diri siswa dalam pembelajaran ranah sikap siklus I memperoleh 75% (baik) dan meningkat pada siklus II 87% (sangat baik). Percaya diri siswa dalam pembelajaran ranah keterampilan pada siklus I memperoleh 76% (baik) dan meningkat pada siklus II 88% (sangat baik). Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media kartu dapat meningkatkan keterampilan guru, hasil belajar siswa, dan percaya diri siswa dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Ulum, A. S., Prasetyowati, D., & Lasmini. (2023). 251. Peningkatan Sikap Percaya Diri Siswa Melalui Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Kartu Kelas IV SD 1 Panjang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2228–2237. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4325

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)