196. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 7 pada Peserta Didik Kelas III SD 1 Peganjaran

Authors

  • Jauharotun Nafisah
  • Widya Kusumaningsih
  • Sujinah

Keywords:

hasil belajar, problem based learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas III SD 1 Peganjaran dengan jumlah peserta didik 14 peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan daya berupa data soal evaluasi akhir hasil belajar dari tahap prasiklus, siklus I, siklus II serta hasil observasi. Hasil belajar pada tahap prasiklus menunjukkan bahwa 57,15% peserta didik belum mencapai KKM. Pada siklus I hasil belajar menunjukkan peningkatan yaitu 64,28% peserta didik telah mencapai KKM, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan kembali yaitu terdapat 85,71% peserta didik mencapai nilai KKM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning dapat membantu peserta didik untuk berpikir kritis dalam menemukan ide-ide kreatif dan memecahkan masalah serta menemukan solusi baik dalam individu maupun kelompok. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar tema 7 peserta didik kelas III SD 1 Peganjaran.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Nafisah, J. ., Kusumaningsih, W. ., & Sujinah. (2023). 196. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 7 pada Peserta Didik Kelas III SD 1 Peganjaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1755–1763. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4115

Issue

Section

Prosiding 2023