Upaya Peningkatan Pembelajaran Senam Irama Melalui Pendekatan Berdiferensiasi Pada Peserta Didik Kelas X-5 SMA N 3 SEMARANG
Keywords:
Senam Irama, Efektivitas Pembelajaran, Pendekatan BerdiferensiasiAbstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan efektivitas pembelajaran senam irama melalui pendekatan berdiferensiasi pada peserta didik kelas X-5 SMA N 3 Semarang. Permasalahan utama adalah kurangnya efektivitas pembelajaran akibat pengelompokan besar yang menghambat interaksi, partisipasi, dan perhatian terhadap kebutuhan individu. Pendekatan berdiferensiasi diterapkan dengan membagi siswa ke dalam kelompok kecil, memungkinkan bimbingan lebih personal serta mendorong partisipasi aktif dan kepercayaan diri siswa dalam melakukan gerakan senam. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterlibatan siswa, pemahaman konsep, serta kualitas gerakan senam irama. Dengan demikian, pendekatan berdiferensiasi melalui pengelompokan kecil efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan layak menjadi strategi alternatif bagi guru PJOK.
References
Bayani, F., & Wahyuni, I. (2015). PENERAPAN PENDEKATAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) BERORIENTASI KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 3(1), 44. https://doi.org/10.33394/j-ps.v3i1.1077
Devi, D. S. (2023). Differentiated Instruction in Special Education: Meeting Diverse Needs in the Classroom. Global International Research Thoughts, 11(1), 53–57. https://doi.org/10.36676/girt.2023-v11i1-11
Giri Verianti, Muhammad Muhyi, Ismaryati, Moh. Hanafi, Luqmanul Hakim, & Suharti. (2024). SURVEI PEMBELAJARAN BERDIFFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PJOK DI TINGKAT SEKOLAH DASAR: TINGKAT PEMAHAMAN SAMPAI PENERAPAN. STAND : Journal Sports Teaching and Development, 5(1), 65–74. https://doi.org/10.36456/j-stand.v5i1.9594
Koimah, S. M., Zahra, N. A., Prasitini, E., Sasmita, S. K., & Sari, N. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Siswa yang Beragam. Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya Indonesia, 2(2), 58–66. https://doi.org/10.61476/49j96838
Mast, D., Bosman, M., Schipper, S., & de Vries, S. (2019). BalanSAR. Proceedings of the Eleventh International Conference on Tangible, Embedded, and Embodied Interaction, 625–631. https://doi.org/10.1145/3024969.3025085
Perdima, F. E., Abdullah, K. H., & Karimi, A. (2023). Exploring the evolution of physical education and school health research: A bibliometric analysis. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 4(3), 203–214. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2023.vol4(3).12379
Resita, C., Widiastuti, W., Setiakarnawijaya, Y., Sopiah, O., Lobo, J., Estilo, K., Aryani, M., & Setiawan, E. (2023). Rhythmic physical activity to improve the motor abilities of junior students-athlete in gymnastics: randomized control trial. Fizjoterapia Polska, 23(3), 174–180. https://doi.org/10.56984/8ZG14337C
Simamora, A. N. (2024). Pengaruh Senam Irama Terhadap Perkembangan Motorik Anak. Harmoni Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 153–161. https://doi.org/10.62383/hardik.v1i3.443
Wiens, P. D., Zizzi, C., & Heatwole, C. (2022). Instructional Grouping Theory: Optimizing Classrooms and the Placement of Ranked Students. Educational Practice and Theory, 44(1), 5–21. https://doi.org/10.7459/ept/44.1.02