Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK Melalui Permainan Tradisional

Authors

  • Monita Mawar Saputri Universitas PGRI Semarang
  • Asep Ardiyanto Universitas PGRI Semarang
  • Setiyawan Universitas PGRI Semarang
  • Suharso SMK N 1 Semarang

Keywords:

Minat Belajar, Permainan Tradisional, PJOK

Abstract

Pembelajaran jasmani tidak hanya berorientasi pada peningkatan kebugaran dan kesehatan siswa tetapi juga merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan softskill seperti kepemimpinan, kemampuan berpikir kritis,pengelolaan emosional, interaksi sosial dan pengembangan nilai-nilai moral. Namun, pada kenyataanya untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut belum dapat terealisasi dengan baik karena pokok permasalahan ada pada kurangnya minat belajar siswa pada pembelajaran PJOK. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar PJOK pada siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Semarang melalui penerapan permainan tradisional. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XI TM 2 yang berjumlah 35 orang dan objek penelitian upaya meningkatan motivasi belajar PJOK melalui permainan tradisional. Teknik pengumpulan data menggunakan metode non tes seperti observasi, angket dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas yang di laksanakan selama 2 siklus menunjukkan terjadi peningkatan minat siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan siklus I minat siswa sebesar 41,14% menjadi 74,25% saat siklus II. Sehingga ada peningkatan sebesar 33,11%. Kesimpulannya adalah penerapan permainan tradisional dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan rekreasi secara signifikan dapat meningkatkan minat belajar siswa.

References

Adan, S. I. a. (2023). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 76–86. http://pijar.saepublisher.com/index.php/jpp/article/view/17/16

Ali, M., Ilmu Keolahragaan, M., Negeri Makassar, U., Gunungsari Baru Jl Pettarani Makassar,

K. A., Makassar, K., & Selatan, S. (2023). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui ice breaking dalam pembelajaran PJOK. Global Journal Sport Science, 1(April), 368–374. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gjss

Apandi, R., & Mappanyukki, A. A. (2024). Penerapan Permainan Tradisional Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Pjok Di Kelas V Sdn Parang Tambung 1. Jurnal Education, 1(1), 9-14.

Kurniawan, N., Priambodo, A., & Marsudianto, M. (2024). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK Melalui Permainan Tradisional Engklek. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 4(4), 148-156.

Lioni, A., & Heri, R. (2015). Perancangan buku 12 permainan tradisional anak Indonesia.

Inosains Jurnal, 10(1), 1–17.

Mulyana, & Lengkana. Permainan tradisional. Google Scholar. https://rb.gy/txm137

Mustafa, P. S. (2020). Kontribusi kurikulum pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Indonesia dalam membentuk keterampilan era abad 21. Jurnal Pendidikan Jasmani, 4(3), 437–452.

Pratiwi, J. W., & Heni, P. (2020). Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405

Ramadhani, D. A., & Muhroji, M. (2022). Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4855–4861. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2960

Saputri, M. M., & Qoriah, A. (2021). Pengaruh Orang Tua terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi PJSD Angkatan 2016 Unnes. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1), 320-â.

Sau, R. a, Bili, L. D., & Lengo, M. D. (2022). Permainan tradisional hadang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD. Jurnal Sport & Science, 45(4)(2), 29–36. https://ejournal.upg45ntt.ac.id/jss/article/view/92

Wardika, I. N. (2019). Penerapan Permainan Tradisional untuk mengatasi kejenuhan Belajar PJOK. Journal of Education Action Research, 3(3), 231-237.

Wijanarko, B., Sw, H. M., Dion, M., Budianto, R., & Bk, D. A. (2024). Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani melalui permainan tradisional kelas VIII B SMP N 2 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kebugaran Jasmani, 1(1), 40–52.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Mawar Saputri, M., Ardiyanto, A., Setiyawan, & Suharso. (2024). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK Melalui Permainan Tradisional. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020350. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7255

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 91 92 93 94 95 96 97 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.