Penerapan Media Podcast Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Sejarah Kelas XII MIPA 8 SMAN 5 Semarang

Authors

  • Mila Ma’rufah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

peningkatan, keterampilan menulis, teks cerita sejarah, media podcast

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis teks cerita sejarah kelas XII MIPA 8 SMA Negeri 5 Semarang. Rendahnya keterampilan menulis terse ut disebabkan oleh kurangnya referensi peserta didik dalam menuliskan cerita sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks cerita sejarah dengan media podcast pada peserta didik kelas XII MIPA 8 SMA Negeri 5 Semarang. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan selama 2 siklus pembelajaran pada tahun ajar 2023/2024. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 4 tahapan, yaitu pada setiap tahapannya terdiri dari tahap perencanaan, tapan tindakan, observasi, dan juga refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Semarang yang berlokasi di Jl. Pemuda 143 Semarang. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIPA 8 yang berjumlah 35 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah keterampilan menulis cerita sejarah peserta didik kelas XII MIPA 8 dengan media podcast. Hasil dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Hal itu dapat dilihat dari rata-rata nilai pada siklus I yang dilakukan mencapai 49%. Sedangkan rata-rata pada siklus II mencapai 77%. 

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Ma’rufah, M. . (2023). Penerapan Media Podcast Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Sejarah Kelas XII MIPA 8 SMAN 5 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 130–138. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4777

Issue

Section

Prosiding 2023