PENINGKATAN MENULIS TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ANYFLIP PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 10 SEMARANG

Authors

  • dannauliarakhman auliarakhman Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Peningkatan, Teks biografi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan hasil belajar siswa kelas X4 SMA Negeri 10 Semarang pada tahun pelajaran 2023/2024 dalam materi menulis teks biografi melalui penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik tes dan nontes, seperti observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu kualitatif dan kuantitatif, yang melibatkan penggunaan rumus statistik sederhana. Hasil analisis data disajikan secara formal dan informal. Berdasarkan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa hasil prates pada tahap prasiklus menunjukkan bahwa nilai rata-rata peserta didik adalah 62, dengan sebagian besar peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKTP), yang mengindikasikan kebutuhan akan tindakan perbaikan. Selama siklus I, terjadi peningkatan nilai rata-rata menjadi 72, dengan persentase ketuntasan meningkat menjadi 52,94%. Pada siklus II, terjadi peningkatan lebih lanjut dengan nilai rata-rata mencapai 82, dan seluruh peserta didik mencapai atau melebihi KKTP, dengan persentase ketuntasan mencapai 100%. Hasil observasi juga menunjukkan bahwa guru telah berhasil mengimplementasikan model pembelajaran problem based learning yang tepat dan memanfaatkan media pembelajaran anyflip dengan baik.

References

Abbas, S. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pedidikan Nasional.

Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan berfikir analitis melalui model problem based learning ( PLB ). 1(1), 38–48.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. PT RajaGrafindo Persada.

Dewi Sri Handayani, S. L. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Kemampuan Menulis Surat Pribadi oleh Siswa Kelas VII SMP Pertiwi Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Pendidikan Tambusai.

Gusmilarni, F. A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Aplikasi Anyflip pada Materi Sistem Koordinasi Siswa Kelas XI. Biogenerasi: Jurnal Pendidikan Biologi.

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633.

Helaluddin, A. (2020). Keterampilan Menulis Akademik Panduan bagi Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Banten: Media Madani.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses

Implementasi Kurikulum 2013. In Bogor: Ghalia Indonesia (Issue 2014). Ghalia Indonesia.

Iskandarwassid, D. S. (2009). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rohana, S. (2021). Keterampilan Bahasa Indonesia Pendidikan Dasar. Universitas Negeri Makassar.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Grup.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutris, Isbandi. 2014. Kajian Retorika Untuk Pengembangan Pengetahuan dan Ketrampilan berpidato. Jurnal Ilmu Komunikasi

Suparno dan Muhammad Yunus. 2008. Keterampilan Dasar Menulis.Jakarta: Universitas Terbuka

Tarigan, H. G. (1994). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Widayati, A. (2008). Peneliti Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, VI(1), 87–9

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

auliarakhman, dannauliarakhman. (2024). PENINGKATAN MENULIS TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ANYFLIP PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 10 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 229–239. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5985

Issue

Section

Bahasa Indonesia