Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli melalui Permainan 3 On 3 Pada Siswa SMKN 2 Semarang

Authors

  • Muhammad Rizka Mubarok Universitas PGRI Semarang
  • David Firna Setiawan
  • Utvi Hinda Zhannisa
  • Hendri Puryantono

Keywords:

bolavoli, hasil belajar, permainan 3 on 3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) materi passing bawah bolavoli melalui permainan 3 on 3. Studi ini dilaksanakan pada peserta didik kelas X MPLB 1 SMK Negeri 2 Semarang menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang memiliki perbedaan perlakuan tiap siklusnya. Setiap siklus melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan 3 on 3 secara signifikan meningkatkan hasil belajar peserta didik, dengan rata- rata nilai meningkat dari 76,61 pada siklus 1 menjadi 85,27 pada siklus 2 dengan dibuktikan oleh uji normalitas dan uji paired t test. Kemudian Uji N-Gain digunakan sebagai interpretasi bahwa peningkatan hasil belajar tersebut memiliki tingkat efektivitas kategori cukup. Melalui modifikasi permainan 3 on 3 peneliti dapat memberikan alternatif pembelajaran yang lebih relevan, sehingga memberikan dampak positif terhadap hasil belajar dan partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran PJOK.

References

Abduljabar, B. (2011). Pengertian pendidikan jasmani. Ilmu Pendidikan, 1991, 36. http://file.upi.edu/Direktori/FPOK/JUR._PEND._OLAHRAGA/196509091991021- BAMBANG_ABDULJABAR/Pengertian_Penjas.pdf

Beno, J., Silen, A. ., & Yanti, M. (2022). Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa, dan Jenis-Jenis Sekolah Luar Biasa., 33(1), 1–12.

Dewi, R., Pristiwanti, D., Badriah, B., & Hidayat, S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.25251.78880

Ilman, Aminuddin, O. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Atas Bolavoli Melalui Variasi Pembelajaran Passing Atas Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Jeneponto Ilman1,. 2, 126–142.

Juniardi, A., & Redno, R. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Atas Bolavoli Dengan Menggunakan Permainan 3 on 3 Pada Kelas Vii Di Smp Negeri 21 Kota Bengkulu. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 18(1), 46–50. https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i1.6567

Mustafa, P. S. (2022). Peran pendidikan jasmani untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.6629984 Nulhadi, A., Ashari, L. H., Herlina, H., & Burhan, Z. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Passing

Atas Bolavoli Melalui Permainan 3 on 3 Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 497–506. https://doi.org/10.55681/nusra.v4i3.1262

Purwanto, H. (2022). Metode Pembelajaran “Permainan 3 On 3” untuk Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah Bolavoli pada Siswa. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(1), 10–16. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.36334

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Riyanto, P. (2020). Kontribusi aktifitas fisik, kebugaran jasmani terhadap hasil belajar pendidikan jasmani. Jpoe, 2(1), 117–126. https://doi.org/10.37742/jpoe.v2i1.31

Riyanto, P., & Mudian, D. (2019). Pengaruh Aktivitas Fisik Terhadap Peningkatan Kecerdasan Emosi Siswa. Journal Sport Area, 4(2), 339–347. https://doi.org/10.25299/sportarea.2019.vol4(2).3801

Sutisna, D. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Dalam Permainan Bolavoli Dengan Menggunakan Media Permodelan Resipokal Di Kelas VII B SMP Negeri 5 Subang Kabupaten Subang. JPG: Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 4(1), 1–13. http://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/1021

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Vinsensius, E., Hidasari, F. P., & Yanti, N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah Bolavoli Dengan Metode Bermain. Jurnal Marathon, 1(1), 45.

https://doi.org/10.26418/jmrthn.v1i1.59308

Widiyatmoko, F. A., & Anggoro, D. B. (2019). Model Permainan Game 3 On 3 dan Bola Pantul Meningkatkan Kemampuan Dasar Bolavoli. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 9(2), 63–

https://doi.org/10.15294/miki.v9i2.23646

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Rizka Mubarok, M., David Firna Setiawan, Utvi Hinda Zhannisa, & Hendri Puryantono. (2025). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli melalui Permainan 3 On 3 Pada Siswa SMKN 2 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020199. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7279

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.