Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model PBL Berbantu Media Tabur Materi Harmoni dalam Ekosistem Kelas Vc SDN Wonotingal

Authors

  • Khusnul Estining Tyas

Keywords:

hasil belajar, model Problem Based Learning, pembelajaran IPAS

Abstract

Capaian hasil belajar peserta didik kelas VC dalam pembelajaran IPAS sangat rendah, yang ditunjukkan dengan banyaknya peserta didik yang belum mampu mencapai batas minimal (KKTP). Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar pada materi pelajaran IPAS melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning peserta didik kelas VC SDN Wonotingal semester I tahun 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah model spiral dari Kemmis, S dan Mc Taggart, R dengan menggunakan 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni (1) Perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan dan pengamatan dan (3) refleksi. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas VC SDN Wonotingal Kecamatan Candisari Kota Semarang Semester I tahun 2023/2024 sebanyak 29 anak. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes (tes formatif) dan non tes (observasi). Adapun instrument menggunakan butir-butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif komparatif yaitu perbandingan antar siklus menggunakan persentase ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPAS peserta didik kelas VC SDN Wonotingal Kecamatan Candisari Kota Semarang dengan materi harmoni dalam ekosistem setelah menggunakan model Problem Based Learning.  Hal ni terlihat dari perbandingan ketuntasan hasil belajar peserta didik pada kondisi pra siklus sebesar 27,58%, pada siklus I meningkat menjadi 51,72% dan pada siklus II meningkat menjadi 93,10% dengan Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP= 70). Hasil penelitian ini disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran IPAS di SD terutama menggunakan model Problem Based Learning. 

References

Ariyanti, M. (2017). Perbandingan Keefektifan Project-Based Learning dan Problem-Based Learning Ditinjau dari Ketercapaian Tujuan Pembelajaran The Effectiveness Comparison of Project-Based Learning and Problem-Based Learning Models in Terms of Achievement of Student ’ s Learn. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 1–10.

Iis Solekhah, Slameto, E. H. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II Sd. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO), 6(2), 1–7.

Iryanto, N. D. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840.

Kamala, I., Idayanti, Z., & Ulfah, T. T. (2022). Peningkatan Partisispasi Peserta Didik dalam Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2362–2370. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4.1850

Mutia, M. (2017). Analisis kesulitan siswa SMP dalam memahami konsep kubus balok dan alternatif pemecahannya. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 83–102. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.107

Noviyana, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematka Siswa. Jurnal Edumath, 3(2), 110–117.

Ramadianti, A. A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 93–98. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i2.668

Widiarti, N. K., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Melalui Media Video Pembelajaran. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 195. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38376

Wijayanti, I. D., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS MI?SD. 08(September), 1–7.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Tyas, K. E. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model PBL Berbantu Media Tabur Materi Harmoni dalam Ekosistem Kelas Vc SDN Wonotingal . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2036–2043. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5346

Issue

Section

Prosiding 2023