258. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Tema 9 Kelas 5 SD N Sawah Besar 01 Semarang

Authors

  • Anjar Wijiatmiko Universitas PGRI Semarang
  • Sri Suneki Universitas PGRI Semarang
  • Nani Kurniasari SD Negeri Sawah Besar 01 Kota Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas 5 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tema 9 di SD N Sawah Besar 01 Semarang. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan oleh Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang I Tahun 2022 Universitas PGRI Semarang (Peneliti), Guru Pamong SD N Sawah Besar 01 Semarang, dan Dosen Pembimbing Lapangan Universitas PGRI Semarang. Sasaran penelitian adalah peserta didik kelas 5 SD N Sawah Besar 01 Semarang tahun pelajaran 2022/ 2023 yang berjumlah 29 peserta didik. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengadakan tindakan dan merefleksi tindakan mengajar dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas 5 tema 9 SD N Sawah Besar 01 Semarang melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 5 siklus dan tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dari penelitian ini ditemukan bahwa hasil belajar peserta didik pada penerapan model pembelajaran problem based learning siklus I menunjukkan persentase sebesar 51,7% dengan nilai rata-rata 72,4. Pada siklus II tingkat keberhasilan peserta didik yakni sebesar 65,5% dengan nilai rata-rata 77,2. Pada siklus III tingkat keberhasilan peserta didik yakni sebesar 72,4% dengan nilai rata-rata 80,7. Pada siklus IV peningkatan hasil belajar peserta didik yakni 82,8% dengan nilai rata-rata 81,9 dan pada siklus V peningkatan hasil belajar peserta didik yakni sebesar 93,1% dengan nilai rata-rata 85,9.  Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning yang digunakan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 5 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tema 9 di SD N Sawah Besar 01 Semarang.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Wijiatmiko, A., Suneki, S., & Kurniasari, N. (2023). 258. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Tema 9 Kelas 5 SD N Sawah Besar 01 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2291–2295. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4368

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)