Penerapan Model Snowball Throwing dengan Teknik Ice Breaking untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Teks Editorial Kelas XII SMA
Keywords:
snowball thorwing, ice breaking, teks editorialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XII IPS 3 SMA Negeri 8 Semarang pada materi teks editorial. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti sebagai guru PPL PPG mata pelajaran bahasa Indonesia dan guru pamong. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi teks editorial di kelas XII IPS 3 SMA Negeri 8 Semarang. Penerapan model pembelajaran snowball throwing dengan teknik ice breaking telah diterapkan selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik, pada siklus satu tingkat ketuntasan meningkat dari 68% menjadi 95% pada siklus dua. Teknik ice breaking dapat menurunkan ketegangan awal, meningkatkan partisipasi siswa, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang ramah dengan model menembak bola salju. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik; pada siklus satu, tingkat ketuntasan meningkat dari 68% menjadi 95%. Teknik ice breaking dapat menurunkan ketegangan awal, meningkatkan partisipasi siswa, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang ramah. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran snowball throwing dengan teknik ice breaking efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mempelajari teks editorial.