Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) untuk Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Memahami Materi Perilaku Hidup Sehat di Kelas X TM 1 SMKN 1 Semarang.

Authors

  • Asep Winandar Universitas PGRI Semarang
  • Rina Dwi Styawati UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Asep Ardiyanto UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Suharso SMK Negeri 1 Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Perilaku Hidup Sehat

Abstract

Pendidikan jasmani bertujuan mengembangkan individu secara menyeluruh melalui aktivitas fisik yang meningkatkan kebugaran. Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Perilaku Hidup Sehat dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif selama dua siklus di SMK Negeri 1 Semarang pada Maret–April 2025, melibatkan 36 siswa kelas X TM 1. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi dan angket motivasi belajar. Hasil menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran meningkat dari 86% (siklus I) menjadi 100% (siklus II), sedangkan motivasi belajar meningkat dari 71,75% menjadi 80,04%. Kesimpulannya, model PBL efektif meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi tersebut.

References

Adnan., Muharram., & Jihadi, A. (2019). Pengembangan e-book biologi berbasis konstruktivistik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA kelas XI. Indonesian Journal of Educational Studies, 22 (2), 112 – 119.

Agnesa, O.S., & Rahmadana, A. (2021). Model problem-based learning sebagai upaya peningkatan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran biologi. Journal on Teacher Education, 3 (3), 65 – 81.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Basri. (2018). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar pada mahasiswa. Sosial Humaniora, 1 (2), 89 – 94.

Emda, A. (2017). Kedudukan motivasi siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5 (2), 172 – 182.

Habibi, F.M. (2018). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada materi protista mata pelajaran biologi kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Depok. Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 7 (2), 178 – 188.

Ilma, A.Z., Budiharti, R. & Ekawati, E.Y. (2021). Eksperimen discovery learning dan problem based learning ditinjau ketekunan belajar siswa materi Hukum Newton. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 11 (1), 20 – 27.

Jayadiningrat, M.G., & Ati, E.K. (2018). Peningkatan keterampilan memecahkan masalah melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) pada mata pelajaran kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2 (1), 1 – 10.

Jayawardana, H.B.A. (2017). Paradigma pembelajaran biologi di era digital. Jurnal Bioedukatika, 5 (1), 12 – 17.

Lutfiah, W., Anisa., & Hambali, H. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar biologi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (4), 2092 – 2098.

Mulyani, S. (2020). Peningkatan hasil belajar biologi materi sistem pernapasan melalui model problem based learning bagi peserta didik kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 1 Tawangsari Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan, 29 (2), 143 – 150.

Palennari, M. (2018). Problem based learning (PBL) memberdayakan keterampilan berpikir kritis pebelajar pada pembelajaran biologi. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya: Inovasi Pembelajaran dan Penelitian Biologi Berbasis Potensi Alam (pp. 599 – 608). Jurusan Biologi Universitas Negeri Makassar, Indonesia.

Panjaitan, R.G.P., Maulidya, A., & Yokhebed. (2022). Kelayakan media flash flipbook pada submateri darah, Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 11 (2), 77 – 87.

Pramana, M.W., Jampel, I.N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan hasil belajar biologi melalui emodul berbasis problem based learning. Jurnal Edutech, 8 (2), 17 – 32.

Rahman, S. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar: Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0 (pp. 289 – 302. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia.

Ratnasari, D., Amelia, E., & Suhartono, A. (2020). Motivasi dalam model pembelajaran berbasis masalah pada konsep ekosistem. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 4 (1), 27 – 34.

Santosa, T.A., & Yulianti, S. (2020). Pengaruh pemberian kuis terhadap peningkatan motivasi belajar biologi siswa di SMA Negeri 7 Kerinci. Science Education dan Application Journal (SEAJ), 2 (2), 79 – 87.

Setiawan, A.R. (2019). Efektivitas pembelajaran biologi berorientasi literasi saintifik. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 2 (2), 83 – 94.

Setiyadi, M.W. (2019). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa. Justek: Jurnal Sains dan Teknologi, 2 (1), 22 – 28.

Shofiyah, F. (2018). Model problem based learning (PBL) dalam melatih scientific reasoning siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3 (1), 33 – 38.

Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2016). Pengembangan instrumen motivasi belajar fisika: Angket. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1 (1), 13 – 21.

Sumitro, A.H., Setyosari, P., & Sumarmi. (2017). Penerapan model rpoblem based learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2 (9), 1188 – 1195.

Suprihatin, T., & Rohmatun. (2020). Ketekunan akademik pada siswa SMA X Semarang di era pandemi covid-19. Prosiding Seminar Nasional Membangun Resiliensi Era Tatanan Baru Melalui Penguatan Nilai-Nilai Islam, Keluarga, dan Sosial (pp. 378 – 387). Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia.

Tarmadiyah, N.D. (2017). Minat kedisiplinan dan ketekunan belajar terhadap motivasi berprestasi dan dampaknya pada hasil belajar matematika SMP. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12 (1), 26 – 37.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Winandar, A., Dwi Styawati, R., Ardiyanto, A., & Suharso. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) untuk Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Memahami Materi Perilaku Hidup Sehat di Kelas X TM 1 SMKN 1 Semarang . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020356. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7314

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.