298. Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Youtube untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas III SDN Glonggong
Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar, YoutubeAbstract
Penelitian.ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan mode pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Youtube. Penelitian Tindakan kelas dilaksanakan di SD Negeri Glonggong kelas III Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati dengan jumlah 18 peserta didik yang berlangsung selama 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan serta di setiap siklusnya menerapkan empat Langkah yaitu perencanaan atau (planning), pelaksanaan Tindakan (action), observasi (observasion), dan refleksi (thinking). Variable terikat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar peserta didik dan variable bebasnya yaitu model Problem Based Learning berbantu media Youtube. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik setelah menerapkan model pembelaran Problem Based Learning berbantu media Youtube pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 63 dengan persentase ketuntasan mencapai 61%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan memperoleh nilai rata-rata 78 dengan persentase 72%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantu media Youtube dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada peserta didik kelas III SDN Glonngong Pati.