26. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas II SD 5 Klaling

Authors

  • Alimatul Hafidzhoh
  • Suyoto
  • Dewi Kunijah
  • Resa Poncowati

Keywords:

Hasil belajar, Problem Based Learning (PBL), Audio Visual

Abstract

Pembelajaran yang efektif merupakan pembelajaran yang berhasil mencapai tujuan belajar peserta didik sebagaimana yang diharapkan oleh guru. Berdasarkan hasil observasi di kelas II yang dilaksanakan di SD 5 Klaling menunjukkan bahwa pencapaian hasil belajar peserta didik masih kurang optimal. Peserta didik belum berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik merasa malu bertanya dan malu ketika dimintamengungkapkan pendapatnya dan masih banyak peserta didik yang berbicara sendiri sehingga tidak mendengarkan penjelasan guru ketika pembelajaran berlangsung yang menyebabkan hasil belajar peserta didik rendah. Perbaikan kualitas pembelajaran dilakukan melalui model problem based learning berbantu media audio visual yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran dalam hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tema 7 Kebersamaan melalui model Problem Based Learning berbantu media Audio Visual di kelas II Semester I SD 5 Klaling Tahun Pelajaran 2022/2023?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan   subjek penelitian adalah peserta didik kelas II SD 5 Klaling yang berjumlah 29 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan nilai Pengetahuan dengan instrument penelitian sesuai aspek yang dinilai. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik deskriptif kuantitatif dan Teknik  deskriptif kulaitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Tema 7 Kebersamaan, dikarenakan dengan model dan berbantuan media peserta didik menjadi lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata peserta didik dari pra siklus 31,03%pada siklus I sebesar  72,41%, pada siklus II sebesar 89,66%.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Hafidzhoh, A. ., Suyoto, Kunijah, D. ., & Poncowati, R. . (2023). 26. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas II SD 5 Klaling. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 215–224. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3898

Issue

Section

Prosiding 2023