272. Upaya Peningkatan Model Problem Based Learning Berbantu Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN Glonggong

Authors

  • Sri Handayani Universitas PGRI Semarang
  • Mira Azizah Universitas PGRI Semarang
  • Juita Ayu Nilamsari SD Negeri Glonggong

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Power Point

Abstract

Penelitian.ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS dengan menggunakan mode pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Power Point. Penelitian Tindakan kelas dilaksanakan di SD Negeri Glonggong kelas IV Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati dengan jumlah 26 peserta didik yang berlangsung selama 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan serta di setiap siklusnya menerapkan empat Langkah yaitu perencanaan atau (planning), pelaksanaan Tindakan (action), observasi (observasion), dan refleksi (thinking). Variable terikat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar peserta didik dan variable bebasnya yaitu model Problem Based Learning berbantu media Power Point. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik setelah menerapkan model pembelaran Problem Based Learning berbantu media Power Point pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 60 dengan persentase ketuntasan mencapai 42%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan memperoleh nilai rata-rata 85 dengan persentase 77%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantu media Power Point dapat meningkatkan hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas IV SDN Glonngong Pati.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Handayani, S., Azizah, M., & Nilamsari, J. A. (2023). 272. Upaya Peningkatan Model Problem Based Learning Berbantu Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN Glonggong. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2401–2409. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4386

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)