Penerapan Problem Based Learning dengan Metode Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik SMK Negeri 1 Bawen

Authors

  • Ulin Nursafitri Universitas PGRI Semarang
  • Rivanna Citraning Rachmawati
  • Atip Nurwahyunani Universitas PGRI Semarang
  • Zubaidah Gesit Cahyati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

metode interaktif, motivasi belajar, PBL

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengatasi rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas XI ATPH B SMK Negeri 1 Bawen, yang ditandai dengan kurangnya keaktifan, inisiatif, dan kemandirian belajar. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan metode interaktif dan pendekatan berbasis kearifan lokal. Siklus 1 menggunakan metode role-playing, sedangkan siklus 2 menggunakan diskusi dan presentasi hasil karya. Data dikumpulkan melalui observasi dan angket motivasi belajar. Hasil menunjukkan peningkatan pada aspek keaktifan, kehadiran, kemandirian, dan kerja sama, serta peningkatan 25% peserta didik dengan motivasi belajar tinggi. Kesimpulannya, penerapan PBL berbasis kearifan lokal efektif meningkatkan motivasi belajar siswa.

Ask Cha

References

Amanda, L. S., Nurasikin, N., Sehan, N., Darmayanti, W., Riadi, A., & Mukmin, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Poster terhadap Kreativitas dan Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 28899–28906. Retrieved from http://jptam.org/index.php/jptam/article/view/17426

Apriadi. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Canva Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Muhammadiyah 3 Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar, Indonesia.

Gusman, H. B., Rachmawati, R. C., Ulfah, M., & Priyatna, R. E. (2023). The effectiveness of

Problem-Based Learning (PBL) model in increasing students’ cognitive outcomes and learning motivation in Environmental Change Material. Jurnal Mangifera Edu, 8(1), 32-39. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v8i1.172

Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Hilala, Y. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Penerapan Pembelajaran Role Playing pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Marisa. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 2(2), 703–710. Retrieved from http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.2.703-710.2022

Karim, F. N. (2016). Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi melaksanakan pelayanan prima di kelas X Pemasaran SMK Islam Batu. Universitas Negeri Malang. Malang, Indonesia. Retrieved from https://repository.um.ac.id/31850/

Minarti, I. B. dkk. (2023). Integrasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi siswa di Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 44-54. Retrieved from https://mathedu.joln.my.id/index.php/edu/article/download/32/44

Ruchliyadi, D.A., et al. (2022). Pengaruh Metode Bermain Peran terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan,12(2), 131-136

Sadirman. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Dan Kemampuan Berkomunikasi Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Dinamika Pendidikan, 1(2), 31–32.

Santrock, J. W. (2012). Educational Psychology (5th ed.). New York: McGraw-Hill.

Susarianto, Endi. (2019). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Materi Karya Ilmiah Di Smk Negeri 12 Sarolangun. Journal Education of Batanghari, 1(2 ), 207-227

Syamsul, R. (2018). Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Attening 1 (1), 103-112.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yunia Sari, dkk. (2019). Experimentation of Problem Based Learning (PBL) Model on Student Learning Motivation and Achievement on Circle Material 9(4). Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Nursafitri, U., Rivanna Citraning Rachmawati, Atip Nurwahyunani, & Zubaidah Gesit Cahyati. (2024). Penerapan Problem Based Learning dengan Metode Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik SMK Negeri 1 Bawen . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020382. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7316

Issue

Section

Agri Bisnis dan Tanaman

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.