Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi IPAS Kelas V Berbantu Media Handbook
Keywords:
Problem Based Learning, IPAS, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik pada model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi IPAS kelas V dengan berbantu media
handbook. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan
dalam 2 siklus dengan tahapan penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VA SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang.
Sumber data adalah guru dan peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes
dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Data yang
diperoleh kemudian dianalisis secara kuantitatif dengan menentukan rata-rata dan persentase dari
setiap aspek yang diamati. Data kuantitatif tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif dengan
dijabarkan dalam kalimat. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta
didik kelas V dimana pada siklus I telihat hasil ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I sebesar
64,28% dan Siklus II sebesar 82,71%. Kesimpulan penelitian ini bahwa model Problem Based Learning
yang diterapkan dengan baik dapatg meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V.
References
Ana Octaviana, P. (2018). Penerapan model
problem based learning (pbl) untuk
meningkatkan hasil belajar
matematika siswa kelas iii sekolah
dasar. Jurnal Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, 12-20.
Bloom. (2017). Hasil Belajar. Bandung:
alfabeta.
Daryanto dan Raharjo, M. (2012). Model
Pembelajaran Inovatif.
Yogyakarta: Gava Media.
Dimyati, & Mudjiono. (2010). Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: Rineka
Cipta.
Fais, M. Z. (2023). Peningkatan Keaktifan
dan Hasil Belajar Menggunakan
Model Problem Based Learning
Berbantu Media Kongkrit Kelas 5.
Seminar Nasional PPG UPGRIS,
-1689.
Irfadhila, D. A. (2023). Peningkatan Hasil
Belajar Matematika Melalui Model
Pembelajaran Problem Based
Learning Pada Materi Kubus dan
Balok Kelas IV SD. Jurnal
Pendidikan dan Sosial Humaniora
(2).
Karunia Eka Lestari, M. (2015). Penelitian
Pendidikan Matematika. Bandung:
Refika Aditama.
Kurniasih. (2014). Sukses
Mengimplementasikan
Kurikulum. Jakarta.
Rusman. (2011). Model-Model
Pembelajaran. Jakarta: Raja
Grafindo Persada.Setiyaningrum, M. (2018). Peningkatan
Hasil Belajar Menggunakan Model
Problem Based Learning (PBL)
pada Siswa Kelas 5 SD. Jurnal
Riset Teknologi dan Inovasi 1(2),
-108.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-
Faktor yang Mempengaruhinya.
Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-Undang Republik Indonesia No.
Tahun 2o03 Tentang Simtim
Pendidikan