Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi IPAS Kelas V Berbantu Media Handbook

Authors

  • Achmad Dwi Fitrianto,Veryliana Purnamasari,Siti Kusniati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, IPAS, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik pada model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi IPAS kelas V dengan berbantu media
handbook. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan
dalam 2 siklus dengan tahapan penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VA SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang.
Sumber data adalah guru dan peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes
dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Data yang
diperoleh kemudian dianalisis secara kuantitatif dengan menentukan rata-rata dan persentase dari
setiap aspek yang diamati. Data kuantitatif tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif dengan
dijabarkan dalam kalimat. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta
didik kelas V dimana pada siklus I telihat hasil ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I sebesar
64,28% dan Siklus II sebesar 82,71%. Kesimpulan penelitian ini bahwa model Problem Based Learning
yang diterapkan dengan baik dapatg meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V.

References

Ana Octaviana, P. (2018). Penerapan model

problem based learning (pbl) untuk

meningkatkan hasil belajar

matematika siswa kelas iii sekolah

dasar. Jurnal Pendidikan Guru

Sekolah Dasar, 12-20.

Bloom. (2017). Hasil Belajar. Bandung:

alfabeta.

Daryanto dan Raharjo, M. (2012). Model

Pembelajaran Inovatif.

Yogyakarta: Gava Media.

Dimyati, & Mudjiono. (2010). Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: Rineka

Cipta.

Fais, M. Z. (2023). Peningkatan Keaktifan

dan Hasil Belajar Menggunakan

Model Problem Based Learning

Berbantu Media Kongkrit Kelas 5.

Seminar Nasional PPG UPGRIS,

-1689.

Irfadhila, D. A. (2023). Peningkatan Hasil

Belajar Matematika Melalui Model

Pembelajaran Problem Based

Learning Pada Materi Kubus dan

Balok Kelas IV SD. Jurnal

Pendidikan dan Sosial Humaniora

(2).

Karunia Eka Lestari, M. (2015). Penelitian

Pendidikan Matematika. Bandung:

Refika Aditama.

Kurniasih. (2014). Sukses

Mengimplementasikan

Kurikulum. Jakarta.

Rusman. (2011). Model-Model

Pembelajaran. Jakarta: Raja

Grafindo Persada.Setiyaningrum, M. (2018). Peningkatan

Hasil Belajar Menggunakan Model

Problem Based Learning (PBL)

pada Siswa Kelas 5 SD. Jurnal

Riset Teknologi dan Inovasi 1(2),

-108.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-

Faktor yang Mempengaruhinya.

Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia No.

Tahun 2o03 Tentang Simtim

Pendidikan

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Dwi Fitrianto, A. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi IPAS Kelas V Berbantu Media Handbook. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2160–2165. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5363

Issue

Section

Prosiding 2023