Penggunaan Permainan Tradisional Engklek Dalam Peningkatan Hasil Pembelajaran Keterampilan Lari Jarak Pendek Pada Peserta Didik Kelas X-5 SMA N 11 Semarang
Keywords:
Keterampilan, Lari Jarak Pendek, Permainan Tradisional, EngklekAbstract
Peningkatan hasil belajar keterampilan lari jarak pendek pada siswa kelas X-5 SMA Negeri 11 Semarang melalui penggunaan permainan tradisional engklek sebagai pembelajaran merupakan tujuan dari penelitian ini. penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksaakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X-5 SMA Negeri 11 Semarang yang berjumlah 35 siswa. Penelitian tindakan kelas ini menghasilkan penelitian digambarkan dengan pelaksanaan pembelajaran penggunaan permainan tradisional engklek sebagai pembelajaran dalam meningkatan hasil belajar lari jarak pendek pada siswa kelas X-5 SMA Negeri 11 Semarang. Berdasarkan hasil observasi dan tes di siklus 1, Persentase ketuntasan hasil belajar keterampilan lari jarak pendek pada siswa kelas X-5 SMA Negeri 11 Semarang setelah pembelajaran dengan permainan tradisional engklek untuk kategori tuntas sebesar 54% pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 97% untuk lari jarak pendek pada materi atletik. Persentase ketuntasan hasil belajar keterampilan lari jarak pendek pada siswa kelas X-5 SMA Negeri 11 Semarang setelah mengaplikasikan pembelajaran permainan tradisional engklek untuk kategori tidak tuntas pada siklus I sebesar 46%, pada siklus II mengalami penurunan sebanyak 3%. Simpulan pada penelitian ini penggunaan permainan tradisional engklek meningkatkan hasil belajar lari jarak pendek.
References
Anggraeni, C. S., Nurwansyah, R., & Yuda, A. K. (2021). Tingkat Pengetahuan Pembelajaran Atletik Lari Jarak Pendek Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Kelas XII. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 680–690. https://doi.org/10.5281/zenodo.5804633
Astuti, D. S., Sepriadi, Arsil, & Zulbahri. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Whiteboard Animation pada Materi Lari Jarak Pendek di Kelas XI SMA Negeri 1 Bonjol. Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 6(6), 15–22.
Hilmy, F. R. (2023). Pengaruh Permainan Modifikasi Tic-Tac-Toe Dan Catch & Rush Terhadap Hasil Belajar Lari Jarak Pendek Siswa Sma Negeri 1 Comal. Seminar Nasional Ke-Indonesiaan VIII, 8(11), 1108–1115.
Mustafa, P. S. (2021). Problematika Rancangan Penilaian Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dalam Kurikulum 2013 pada Kelas XI SMA. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 184–195. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.947
Nurul Raodatun Hasanah, I Putu Panca Adi, & I Gede Suwiwa. (2021). Survey Pelaksaan Pembelajaran Pjok Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 189–196. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1295
Pertiwi, D. A., Fitroh, S. F., & Mayangsari, D. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 86–100.
Podungge, R. (2021). Pengaruh Metode Bermain Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Lari Jarak Pendek. Jambura Health and Sport Journal, 3(2), 91–102. https://doi.org/10.24036/jss.v18i2.21
Prihastari, E. B. (2015). Pemanfaatan Etnomatematik Melalui Permainan Engklek Sebagai Sumber Belajar. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 155–162.
Ramadhan Ilham, H., Mujiono, E., & Raharjo, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Menggunakan Pendekatan Culturaly Responsive Teaching (Crt) Dengan Permainan Tradisonal Lompat Tali Karet Kelas Xi. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 2(2), 733–738.
Rohmah, L., & Muhammad, H. N. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani dan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 09(01), 511–519.
Samsudin. (2019). Model Pembelajaran Atletik. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Saputra, E., Rahmat, Z., & Munzir, M. (2021). Analisis Kemampuan Lari Jarak Pendek (Sprint) 100 Meter Pada Siswa SD Negeri 1 Blang Kabupaten Aceh Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1).