PENGGUNAAN MEDIA KARTU MIMPI UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X kULIENER 4 SMK NEGERI 6 SEMARANG
Keywords:
menulis, puisi,, , kartu mimpiAbstract
Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan
peningkatan keterampilan menulis teks Puisi dengan
menggunakan model pembelajaran teknik Quantum atau
dengan menggunakan media kartu mimpi pada peserta didik
kelas X Kuliner 4 SMK Negeri 6 Semarang. Penelitian tindakan
kelas atau PTK ini dilakukan selama dua siklus. Dimana setiap
siklus terdiri dari dua pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan
peserta didik dalam menulis teks puisi dari siklus pertama
dengan siklus yang kedua. Dimana pada siklus pertama peserta
didik melaksanakan pembelajaran dengan tidak menggunakan
terapi sedangkan pada siklus kedua, siswa sudah melaksanakan
pemeblajaran dengan menggunakan terapi kartu mimpi dan
juga metode quantum dalam pembelajarn. Pra sisklus kedua
menunjukkan adanya peningkatan capaian nilai peserta didik
jika dibandingkan dengan capaian nilai peserta didik di siklus
pertama. Rata-rata dengan menggunakan metode
pembelajaran quantum dengan menggunakan media
pembelajaran kartu mimpi dapat meningkatkan pemahaman
peserta didik dalam menulis puisi. Jumlah nilai rata-rata yang
dicapai peserta didik pada pretes sebesar atau 66,83 atau jika
diprentasikan 65,9 % menjadi 72,48 atau 72,48%. Jadi, skor
rata-rata puisi siswa mengalami peningkatan sebesar 5,58 atau
5,58%. Peningkatan kembali terjadi pada postes siklus II,
menjadi 72,48 atau 72,48%.
References
Kosasih, Engkos. 2013. Cerdas Berbahasa
Indonesia untuk SMA/SMK Kelas
X.Jakarta: Erlangga.
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis
Sebagai Suatu Keterampilan
Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Akhadiah, Sabarti. 1997. Pembinaan
Kemampuan Menulis. Jakarta:
Erlangga.
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2007. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Jabrohim, Suminto A. Sayuti, Chairul
Anwar. 2009.”Unsur-unsur Puisi”
dalam Cara Menulis Kreatif.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jamaluddin. 2003. Problematik
Pembelajaran Bahasa dan Sastra.
Yogyakarta.
AdiCita. Keraf, Gorys. 2008. Diksi dan
Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia
Pustaka Utama.
Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Penilaian
dalam Pengajaran Bahasa dan
Sastra Edisi Ketiga. Yogyakarta:
BPEF.
Pardjono,dkk. 2007. Panduan Penelitian
Tindakan Kelas. Yogyakarta:
Lembaga peneliian UNY .
Pradopo, Rachmat Djoko. 2005.
Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah
Mada University.
Press. Rahmanto, B. 2004. Metode
Pengajaran Sastra. Yogyakarta:
Kanisius
Sayuti, Suminto A. 1994. Pengajaran
Sastra: Pengantar Pengajaran Puisi.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.