Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Melalui Variasi Permainan 4 On 4 di SMK N H. Moenadi Ungaran
Keywords:
Keterampilan, passing bawah, Bola Voli, Variasi permainanAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan keterampilan passing bawah bola voli pada siswa kelas X DKV SMK N H Moenadi Ungaran melalui variasi permainan sebagai pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di SMK N H Moenadi Ungaran yang berjumlah 34 siswa. Berdasarkan hasil observasi dan tes di siklus 1, keterampilan passing bawah bola voli pada siswa kelas X DKV SMK N H Moenadi Ungaran adalah sebanyak 20 siswa atau sebesar 58% mengalami ketuntasan belajar passing bawah bola voli dan sebanyak 14 siswa atau sebesar 42% mengalami ketuntasan belajar passing bawah pada permainan bola voli. Kemudian pada siklus 2 diperoleh informasi bahwa terjadi peningkatan persentase keterampilan bermain passing bawah bola voli dalam kategori tuntas adalah sebanyak 32 siswa atau sebesar 94 % dan sebanyak 2 orang tidak tuntas atau sebesar 6% dalam pembelajaran keterampilan passing bawah bola voli. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan variasi permainan dapat meningkatkan keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli pada siswa kelas X jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di SMK N H Moenadi Ungaran.
References
Adhi Putra, Y., & Sistiasih, V. S. (2021). Modifikasi Pembelajaran Permainan Bola Voli. Jurnal Porkes, 4(2), 126–133. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4705
Annisa, N., Suhardianto, S., & Rusli, K. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing bawah Pada Permainan Bolavoli melalui Media Target. Indonesian Journal of Physical Activity, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.59734/ijpa.v2i1.21
Hudah, M., & Rais, A. N. (2020). Implementasi Materi Passing Bola Voli Dengan Media Bola Plastik Dan Bola Voli Asli Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Kota Tegal. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(1), 100–107.
Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Prenada Media Group.
Mustafa, P. S., & Winarno, M. E. (2020). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Aktivitas Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMK Negeri 4 Malang. Jurnal Penjakora, 7(2), 78–92.
Nulhadi, A., Ashari, L. H., Herlina, H., & Burhan, Z. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Passing bawah Bola Voli Melalui Permainan 3 on 3 Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 497–506. https://doi.org/10.55681/nusra.v4i3.1262
Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. 95.
Soemaryoto, & Nopembri, S. (2018). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Kelas XII). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Syarifudin, S. W. (2017). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SMA/MA (Vol. 1). Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.