Penerapan Media Pembelajaran Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV-A pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bab II di Bawah Atap SDN Wonotingal Semarang

Authors

  • Ninda Ayu Andanawarih Universitas PGRI Semarang
  • Iin Purnamasari Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Media Pembelajaran, Canva, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN Wonotingal Semarang dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV-A pada materi Bahasa Indonesia bab II Di Bawah Atap. Jumlah peserta didik kelas IV-A di SDN Wonotingal berjumlah 25 peserta didik yang terdiri dari 15 peserta didik Perempuan dan 10 peserta didik laki – laki. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV-A SDN Wonotingal Semarang dengan menggunakan media pembelajaran Canva. Hasil pembelajaran prasiklus dengan KKTP 70 diperoleh rata – rata kelas yaitu 67,4. Pada siklus I nilai rata – rata kelas meningkat dari 67,4 menjadi 71,6. Peserta didik yang tuntas dalam belajarnya berjumlah 15 peserta didik atau 60%. Sebanyak 10 peserta didik atau sebanyak 40% belum mengalami ketuntasan belajar. Pada siklus II nilai rata – rata kelas yang tadinya 71.6 meningkat menjadi 83.2. Peserta didik yang tuntas dalam belajarnya berjumlah 23 peserta didik atau 92%. Sebanyak 2 peserta didik atau 8% belum mengalami ketuntasan belajar. Dari data pengamatan siklus II terdapat 23 peserta didik atau 92% dapat menjawab soal dengan benar dan sebanyak 2 peserta didik atau 8% belum mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Dengan demikian diharapkan kegiatan belajar mengajar dengan media pembelajaran canva dapat meningkatkan hasil belajar dari peserta didik.

References

Audie, N. (2019, May). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 586-595).

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Rajawari Pers. Jakarta

Boholano, H.B. (2017). Smart Social Networking: 21st Century Teaching and Leaning Skill. Journal of Research in Pedagogy, 7(1), pp 21-29.

Fatimatuzahroh, F., Nurteti, L., & Koswara, S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Lectures Vary. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 35-50.

Junaedi, S. (2021). Aplikasi canva sebagai media pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan kreatifitas mahasiswa pada mata kuliah English for information communication and technology. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial dan Humaniora, 7(2, Oktober), 80-89.

Kharissidqi, M. T., & Firmansyah, V. W. (2022). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 2(4), 108-113.

Khasanah, U., & Purnamasari, V. (2023, July). 303. Penerapan Model PBL Berbantuan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 7 Perkembangan Teknologi dan Komunikasi Kelas III SDN Sendangmulyo 02 Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (pp. 2129-2135).

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2817/1853

Nurhayati, N., Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. (2022). Pelatihan dan pendampingan desain dan produksi media pembelajaran berbasis aplikasi canva for education bagi guru bahasa di Kota Palembang. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171-180.

Rahmalia, R. D. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Disposisi Peserta didik SMP Melalui Model Problem Based Learning. . . Jurnal Numeracy. Volume 7, Nomor 1.

Saputra, Y. A., & Susilowati, A. R. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 5(2), 96-103.

Sulfemi, W. B., & Minati, H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 SD Menggunakan Model Picture And Picture dan Media Gambar Seri. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2), 228-242.

Supardi, K. (2017). Media Visual Dan Pembelajaran Ipa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(10), 160–171. http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jipd/article/view/266/189

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronik dan Informatika.Vol. 7(2).

Triningsih, diah erna. (2021). Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 15(1), 128–144. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.667.Selama

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102-118.

Windiyani, Tustiyana. Novita, Lina dan Permatasari, Anisa. 2018. Penggunaan Media Pembelajaran Gambar Fotografi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Dasar. JPSD Vol. 4 (1). 1-14.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Andanawarih, N. A. ., & Purnamasari, I. . (2023). Penerapan Media Pembelajaran Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV-A pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bab II di Bawah Atap SDN Wonotingal Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2925–2933. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5453

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)