IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS V SD
Keywords:
problem based learning, hasil belajar IPAS, media visualAbstract
Penelitian ini membantu peserta didik kelas V untuk meningkatkan hasil belajar IPAS pada materi sifat dan karakteristik cahaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan dan mendeskripsikan hasil belajar IPAS pada materi sifat dan karakteristik cahaya peserta didik kelas V setelah diimplementasikan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantu Media Visul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SDN Pedurungan Lor 02 Semarang. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling, dengan jumlah 26 peserta didik kelas V SDN Pedurungan Lor 02 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan studi dokumen. Hasil pra siklus IPAS pada materi sifat dan karakteristik cahaya peserta didik kelas V SDN Pedurungan Lor 02 Semarang Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024 masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh satuan pendidikan dengan nilai 85. Peserta didik dengan perolehan nilai di atas KKM hanya sebesar 23%, sedangkan peserta didik dengan perolehan nilai di bawah KKM sebesar 77 %. Rata-rata nilai peserta didik hanya mencapai sebesar 76,9 Dari 27 peserta didik kelas V SDN Pedurungan Lor 02 Semarang. Berdasarkan data hasil belajar dan pelaksanaan pada pelajaran tersebut, maka perlu peningkatan kualitas pembelajaran agar peserta didik mampu menyerap pelajaran IPAS pada materi sifat dan karakteristik cahaya.
References
Agung, A.A. Gede. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiman, Haris. 2016. Penggunaan Media Visual Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam, 7. 171-182.
Fauzia, Awalia. H. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sd. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Vol. 7(1). 40-47.
Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Misykat, 3(1). 171-187.
Suprihatiningrum. 2014. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Tafonao, Talizaro. 2018. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahapeserta didik. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2). 103-111 https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/cp/dasmen/13.%20CP%20IPAS.pdf