PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (Problem Based Learning) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING ATAS BOLA VOLI
Keywords:
Problem Based Learning, Bola Voli, Passing Atas, Pendidikan Jasmani, PTKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dasar passing atas bola voli pada siswa kelas XI-1 SMAN 4 Semarang melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari dua siklus, masing-masing meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes (pre-test dan post-test). Subjek penelitian adalah 36 siswa, dengan instrumen berupa modul ajar, rubrik penilaian sikap dan keterampilan, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dari pra-siklus hingga siklus II. Pada pra-siklus, hanya 25% siswa yang tuntas, meningkat menjadi 56% pada siklus I, dan mencapai 89% pada siklus II. Penerapan PBL mendorong keterlibatan aktif, kerja sama kelompok, serta peningkatan pemahaman dan keterampilan teknik passing atas. Kendala seperti kurang percaya diri dan teknik gerakan yang belum sempurna dapat diminimalkan melalui perbaikan pembelajaran pada siklus II. Dengan demikian, model PBL terbukti efektif sebagai solusi inovatif dalam pembelajaran pendidikan jasmani, khususnya dalam mengembangkan keterampilan motorik dan partisipasi siswa dalam pembelajaran bola voli.
References
Arifudin, O., Setiawati, E., Chasanah, Nur, D., Maulidya, J. N., & Ma’arif, M. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.
Ilyas, I., & Almunawar, A. (2020). Profil Kebugaran Jasmani Siswa Ekstrakurikuler Bola Voli. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia, 1(1), 37–45. https://doi.org/10.55081/joki.v1i1.297
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Selvi Meilasari, Damris M, & Upik Yelianti. (2020). KAJIAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. File:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_REMAJA_PRINT.Docx, 21(1), 1–9.
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821