Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Modern Dengan Pendekatan TARL Melalui Metode Akrostik Kelas VIII SMP Negeri 37 Semarang

Authors

  • Cahyaningdyah Arumingtyas Universitas PGRI Semarang
  • Siti Ulfiyani Universitas PGRI Semarang
  • Ika Septiana Universitas PGRI Semarang

Keywords:

TARL (Teaching At The Righ Learning), Akrostik, Puisi Modern

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Pendekatan TaRL melalui Metode Akrostik untuk Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Modern Kelas VIII SMP Negeri 37 Semarang. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP 37 Semarang melalui jumal peserta didik 32 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahapan dalam satu siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan praktik menulis puisi modern dengan 4 kriteria penilaian berupa Diksi, Rima, Majas, Tema.  Penerapan metode akrostik melalui model pembelajatan TARL terhadap penulisan puisi dilakukan selama 2 siklus pembelajaran, setiap siklus dilakukan selama dua kali pertemuan. Melalui metode akrostik dengan TARL mampu meningkatkan kemampuan menulis puisi peserta didik, dari siklus 1 dengan nilai rata rata 61 dengan ketuntasan klasikal sebesar 15% meningkat menjadi 85% pada siklus dua dengan nilai rata rata 80. Kemampuan menulis puisi modern siswa dapat meningkat melalui penerapan model dan metode pembelajaran yang sesuai. Metode akrostik menjadi metode penulisan puisi yang mampu memudahkan siswa untuk bisa berkembang dan meningkatkan kemampuan diri. Pelaksanaan TARL dalam pembelajaran menjadi bentuk pemenuhan kebutuhan belajar peserta didik sesuai kebutuhan belajar yang dimiliki.

References

Ahyar, Nurhidayah, & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(November), 5241–5246. Retrieved from http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Atika, N., & Murniati, N. A. N. (2024). Penerapan Model PBL Berbantuan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas IV SDN Rejosari 01. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 11(1), 201–210.

Azizah, A., & Fatamorgana, F. R. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran. Jurnal Auladuna, (14), 15–22.

Cahyono, S. D. (2022). Melalui Model Teaching at Right Level ( TARL ) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Awetan dari Bahan Pangan Nabati di Kelas X . MIA . 3 MAN 2 Payakumbuh Semester. Jurnal Pendidikan Tanbusai, 6(March), 12407–12418.

Fahmi, Chamidah, D., Hasyda, S., & Muhammadog. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkan dan Praktis (pertama). Adanu Abimata.

Fatmawati, Gustia, H., & Rustan, N. A. (2024). Profil Kemampuan Literasi Bahasan Indonesia Siswa Kelas XII SA Muhammadiyah Maumere. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(1), 157–164. Retrieved from http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm%0Adasar

Fitriani, N. (2022). Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Dengan Metode Adabta Melalui Pendekatan Tarl. BADA’A: Jurnal Ilmiah Penidikan Dasr, 4(1), 180–189. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.580

Indartiningsih, D., Mariana, N., Subrata, H., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (2023). Perspektıf Glokal Dalam Implementası Teachıng At The Rıght Level ( Tarl ) Pada Pembelajaran Berdıfrensıası Pada Kurıkulum Merdeka. 6(4), 1984–1994. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7547

Kristiani, H., Susanti, E. I., Purnamasari, N., Purba, M., Yusri, M., & Saad, A. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi.

Laksmana, S. (2019). Lakhsman, S. (2019). Improving reading and arithmetic outcomes at Pratham’s approach to teaching and learning Improving reading and arithmetic outcomes at scale: Teaching at the Right Level (TaRL), Pratham’s approach to teaching and learning. Revue Internationale d’éducation de Sèvres, 1–6.

Mubarokah, S. (2022). Tantangan Implementasi Pendekatan TaRL ( Teaching at the Right Level ) dalam Literasi Dasar yang Inklusif di Madrasah Ibtida ’ iyah Lombok Timur. 4(1), 165–179. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.582

Nadila, & Sukma, E. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning ( PBL ) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 19 Koto Taratak Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2508–2517.

Nitatalia, D., Ngatmini, N., & Budiawan, R. Y. S. (2023). Penerapan Model Projek Based Learning Dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 13 Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang, 227–244.

Novitaningrum, I., Septiana, I., Rahayu, W., Prajabatan, P. P. G., Pascasarjana, F., Semarang, U. P., … Semarang, J. P. (2023). Implementasi Model Experiential Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Biografi Kelas X SMA Negeri 5 Semarang. Seminar Nasional PPG UPGRIS 2023.

Saputro, E. W. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level ( TaRL ) Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta. 2(1).

Suherman, A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Metode Akrostik ( Penelitian Tindakan Kelas ) Abstrak Efforts to Improve Poetry Writing Skills Using the Acrostic Method ( Classroom Action Research ) Abstract digunakan , kosa kata , gramatikal , dan. 33–48.

Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Onsepsi, 9(2), 72–81.

Susanti, N. D., Magfirotun, A. S., Muawanah, Indrati, J., & Idayati, N. (2024). Implementasi pendekatan tarl untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran bahasa indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 257–270.

Utami, S. E., Tiwana, E., Alfauzi, E., & Maharani, I. (2023). BAHASA INDONESIA KELAS X SMK ALWASHLIYAH PASAR. 9(1), 1–11.

Yulistio, D., & Kurniawan, R. (2020). Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. 6(2), 72–82.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Arumingtyas, C., Siti Ulfiyani, & Ika Septiana. (2024). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Modern Dengan Pendekatan TARL Melalui Metode Akrostik Kelas VIII SMP Negeri 37 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 2503010126. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7374

Issue

Section

Pendidikan Bahasa Indonesia

Similar Articles

<< < 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.