172. Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Dan Komunikasi Peserta Didik Kelas XI Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Pada Materi Sistem Imun

Authors

  • Rima Handayani Universitas PGRI Semarang
  • Maria Ulfah Universitas PGRI Semarang
  • Listya Huriastuti SMA Negeri 6 Semarang

Keywords:

kolaborasi, komunikasi, Jigsaw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi dan komunikasi siswa kelas XI MIPA 2 pada sistem imun melalui model pembelajaran cooperatif learning teknik Jigsaw. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan jumlah siswa 36 orang, yang dilakukan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari empat langkah, yaitu (1) perencanaan,(2) tindakan, (3) pengamatan,(4) refleksi. Dari analisis terhadap kemampuan siswa sebelum tindakan pada setiap siklus, dibandingkan dengan setelah tindakan, diperoleh kemajuan yang signifikan. Sebelumnya kompetensi keterampilan kolaborasi hanya 52% (katagori kurang), kemudian meningkat menjadi 65% (kategori sedang) di siklus I, dan 86,4% (kategori baik) pada siklus II. Sedangkan keterampilan komunikasinya berawal dari 54% (katagori kurang), naik menjadi 68% (kategori cukup) pada siklus I, dan 88% (kategori baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative learning teknik Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi dan komunikasi siswa kelas XI MIPA 2 pada sistem imun.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Handayani, R., Ulfah, M., & Huriastuti, L. (2023). 172. Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Dan Komunikasi Peserta Didik Kelas XI Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Pada Materi Sistem Imun. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1556–1564. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4145

Issue

Section

Prosiding 2023