221. Penerapan Model PBL Berbantuan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD 2 Mijen
Keywords:
PBL, Media Ular Tangga, Hasil BelajarAbstract
Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Mijen. Model Problem Based Learning diharapkan dapat memacu semangat peserta didik dalam kegiatan belajar sehingga hasil belajar akan meningkat. Jenis penilitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV. Data penelitian ini diperoleh melalui melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan persentase ketuntasan belajar secara individu maupun klasikal kemudian di jabarkan secara deskriptif. Hasil pnelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II pada hasil belajar diperoleh siswa kelas IV. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa pada evaluasi mengacu pada kriteria keberhasilan yang sudah ditentukan yaitu 70. Nilai rata-rata ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 92% dengan rincian pra siklus ketuntasan 54% dari 12 siswa yang mencapai keberhasilan dengan rata-rata 63,08, siklus I menjadi 65% dari 17 siswa mencapai keberhasilan dengan rata-rata 70,77, dan menjadi 92% pada siklus II dari 24 siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata 82,32. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Probleem Based Learning berbantuan media ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Mijen.