Peningkatan Keaktifan Siswa melalui PBL dengan Pendekatan Berdiferensiasi dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila di SMA N 11 Semarang
Keywords:
Keaktifan Siswa, Problem Base Learning, Pembelajaran BerdiferensiasiAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas degan judul "Peningkatan Keaktifan Siswa melalui PBL dengan Pendekatan Berdiferensiasi dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila di SMA N 11 Semarang". Rumusan masalah yang akan diteliti adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan diferensiasi dapat meningkatkan keaktifan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan diferensiasi. Penelitian dilaksanakan dua siklus serta dalam setiap siklusnya dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu Observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data yang peneliti gunakan yaitu meliputi tahap pengumpulan dan seleksi data, tahap pemaparan data, dan tahap kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan pada tahap pra siklus keaktifan peserta didik yang tergolong dalam keaktifan kriteria minimal baik dengan presentase 33,33%, pada tahap selanjutnya yaitu siklus 1 model pembelajaran PBL dengan pendekatan diferensiasi mulai diterapkan, persentase keaktifan belajar mengalami peningkatan menjadi 61,11%. Pada tahap siklus 2 menunjukan keaktifan belajar peserta didik yang tergolong dalam keaktifan kriteria minimal baik dengan presentase 72,22%. Simpulan dari hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan oleh peneliti dalam pembelajaran pendidikan pancasila di kelas XI D2 SMA Negeri 11 Semarang yaitu pembelajaran pembelajaran menggunakan model PBL dengan pendekatan diferensiasi dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.
References
Aminuriyah, S., Markhamah, & Sutama. (2022). Pembelajaran Berdifferensiasi: Meningkatkan Kreatifitas Peserta Didik. Jurnal Mitra Swara Ganesha, 9(2), 89–100.
Azizah, A., & Fatamorgana, F. R. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Auladuna, 3(1), 15–2.
Ferdiansyah, M. N. (2024). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Konkret. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 30(1), 145. https://doi.org/10.30587/didaktika.v30i1.7432
Ifnasari, I. D. A., Harjono, N., & Airlanda, G. S. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Muatan PPKn pada Tema 8 Subtema 1. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 182–189. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15465
Meutia, R., Wulandari, Rizqi, R., Hasanah, U., Manafe, M. W. N., Arisa, M. F., Ujihanti, M., Lima, S. S., Yumelking, M., Safrida, Ginting, A., Siyono, Mustofa, M., Syoviana, E., Ala, H. M., Bare, Y., Zuhaida, A., Nugroho, A. D., Hidayat, M. A., … Wijaya, M. R. A. (2023). Aktualisasi dan Problematika dalam Pembelajaran (A. Wijayanto (ed.); 1st ed.). Akademia Pustaka.
Ni’mah, P. S., Prayito, M., Sulianto, J., & Darsino. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Strategi Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas IV SDN Plamongansari 02. Journal on Education, 06(01), 4383–4390.
Nuriyani, R., Waluyati, S. A., & Dahlia, D. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar Peserta Didik. ASANKA : Journal of Social Science and Education, 4(2), 171–181. https://doi.org/10.21154/asanka.v4i2.7900
Purwati, R. P. (2020). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Dengan Pendekatan Discovery Learning Menggunakan Google Classroom. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 4(1), 202. https://doi.org/10.20961/habitus.v4i1.45725
Putri, N. M. S., & Rachmadyanti, P. (2024). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Muatan IPS SD Putri Rachmadyanti Abstrak. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(1), 1–15.
Rumawir, M. E., Pendong, D. F., & Ch, D. (2024). Penerapan Jelajah Alam Sekitar Berbasis Paikem Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Smp Negeri 4 Langowan. 7(1).
Sakti, N. C., & Ainiyah, M. U. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Era Pembelajaran Abad 21.