178. Peningkatan Toleransi dan Kerjasama melalui Project Based Learning (PjBL) pada Materi Perubahan Lingkungan

Authors

  • Yustichia Endrasti Universitas PGRI Semarang
  • Rivanna Citraning R Universitas PGRI Semarang
  • Siti Mukaromah SMAN 2 Semarang

Keywords:

Project Based Learning (PjBL), Toleransi, Kerjasama

Abstract

Pendidikan karakter di sekolah adalah salah satu penunjang penting dalam penguatan karakter dari suatu bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap toleransi dan Kerjasama melalui metode Project Based Learning (PjBL) pada materi perubahan lingkungan kelas X-3 di SMAN 2 Semarang. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melakukan 2 siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi serta refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah kelas X-3 yang berjumlah 36 peserta didik. Objek penelitian adalah sikap toleransi dan Kerjasama peserta didik saat diskusi kelompok dikarenakan peserta didik masih sangat individualis dan sulitnya peserta didik untuk saling berinteraksi dengan teman sejawatnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi. Data analisis dianalisis secara deskriptif kuantitatif serta disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap toleransi dan Kerjasama peserta didik kelas X-3 dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I peserta didik skor presentase rata-rata sikap kerjasama sebesar 40,02% dan skor presentase rata-rata sikap toleransi 50,99%. Pada siklus II skor presentasi rata-rata sikap kerjasama meningkat menjadi 61,66% dan skor presentasi rata-rata sikap toleransi juga mengalami peningkatan menjadi 70,83%.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Endrasti, Y., R, R. C., & Mukaromah, S. (2023). 178. Peningkatan Toleransi dan Kerjasama melalui Project Based Learning (PjBL) pada Materi Perubahan Lingkungan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1609–1614. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4151

Issue

Section

Prosiding 2023