173. Keterampilan Bertanya dan Keaktifan Siswa dengan Model Probem Based Learning di SMA Negeri 6 Semarang

Authors

  • Riza Ainun Nisa Universitas PGRI Semarang
  • Maria Ulfah Universitas PGRI Semarang
  • Listya Huriastuti SMA Negeri 6 Semarang

Keywords:

Keterampilan bertanya, keaktifan peserta didik, pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan bertanya dan keaktifan pada mata pelajaran Biologi materi Sistem Imun di XI MIPA 1 SMA Negeri 6 Semarang tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini  merupakan Penelitian Tindakan Kelas  dengan  menggunakan metode deskriptif kulitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei hingga bulan Juni 2023 di kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 35 peserta didik menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Data dikumpulkan melalui observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari siklus I ke siklus II menunjukkan kenaikan baik dalam keterampilan bertanya dan keaktifan peserta didik XI MIPA 1. Keterampilan bertanya peserta didik XI MIPA 1 mendapatkan hasil terampil dalam bertanya karena berhasil mengalami kenaikan dan melebihi hasil berdasarkan kriteria keberhasilan. Lalu untuk keaktifan peserta didik, pada setiap indikatornya terdapat kenaikan, meskipun masih tergolong sedang dan rendah bedasarkan kriteria keberhasilan. Saran untuk kedepannya adalah lebih dibiasakan untuk mengajukan pertanyaan bagi peserta didik, dan menumbuhkan keberanian peserta didik untuk tidak takut bertanya di depan umum.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Nisa, R. A., Ulfah, M., & Huriastuti, L. (2023). 173. Keterampilan Bertanya dan Keaktifan Siswa dengan Model Probem Based Learning di SMA Negeri 6 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1565–1571. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4146

Issue

Section

Prosiding 2023