Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Servis Bawah Peserta Didik Kelas XI-6 SMA N 11 Semarang
Keywords:
Servis Bawah, Bola voli, Pembelajaran KooperatifAbstract
Peningkatan hasil belajar keterampilan servis bawah bola voli pada siswa kelas XI-6 SMA Negeri 11 Semarang melalui penerapan pembelajaran kooperatif merupakan tujuan dari penelitian ini. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksaakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI-6 SMA Negeri 11 Semarang yang Penelitian tindakan kelas ini menghasilkan penelitian digambarkan dengan pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan kooperatif belajar sebagai pembelajaran dalam meningkatan hasil belajar keterampilan servis bawah bola voli pada siswa kelas XI-6 SMA Negeri 11 Semarang. Berdasarkan hasil observasi dan tes di siklus 1, penerapan model pembelajaran kooperatif sebagai pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan servis bawah pada permainan voli siswa kelas XI-6 SMA Negeri 11 Semarang. Persentase ketuntasan hasil belajar keterampilan servis bawah bola voli pada siswa kelas XI-6 SMA Negeri 11 Semarang setelah mengaplikasikan pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif untuk kategori tuntas sebesar 86% pada siklus I, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 97% untuk hasil belajar keterampilan servis bawah bola voli pendek pada siswa kelas XI-6 SMA Negeri 11 Semarang. Adapun saran bagi guru hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan refrensi guna dapat diterapkan sebagai contoh guna mahasiswa berikutnya yang mengadakan penelitian
References
Bargas, Y., Arifin, Z., & Permadi, A. A. (2024). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT ( Team Game Tournament ) terhadap hasil belajar service bawah permainan bola voli. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 4(1), 1–13.
Bastian, A., & Reswita. (2022). Model dan Pendekatan Pembelajaran. Adanu Abimata.
Intan, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 209–220. https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.964
Kamadi, L. (2020). Kontribusi Kondisi Fisik Terhadap Kemampuan Servis Bawah Dalam Permainan Bolavoli. Journal Coaching Education Sports, 1(2), 151–160.
Kamaruddin, I., Irvan, & Nur, M. (2021). Pemanfaatan Bola Karet Untuk Meningkatkan hasil Belajar Servis Bawah Dalam Pembelajaran Bolavoli. SPORTIVE: Journal of Physical Education, Sport and Recreation, 5(1), 80–87.
Mustafa, P. S. (2021). Problematika Rancangan Penilaian Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dalam Kurikulum 2013 pada Kelas XI-6 SMA. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 184–195. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.947
Nurul Raodatun Hasanah, I Putu Panca Adi, & I Gede Suwiwa. (2021). Survey Pelaksaan Pembelajaran Pjok Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 189–196. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1295
Prayoga, A. S. (2016). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Servis Bawah Bola Voli Melalui Penggunaan Modifikasi Bola. Sportif, 15(1), 165–175. https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf
Rohmah, L., & Muhammad, H. N. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani dan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 09(01), 511–519.
Samsudin. (2017). Metode Mengajar Servis Bolavoli. Prosiding Seminar Dan Lokakarya FIK UNJ, 2(1), 106–110. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingfik/article/view/9019
Samsudin. (2019). Model Pembelajaran Atletik. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Sodikin, F. A., & Yono, T. (2020). Modifikasi Bola Plastik sebagai Media Pembelajaran Bola Voli. Jurnal Sparta, 2(2), 26–31. https://doi.org/10.35438/sparta.v2i2.170