Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Papan Hitung Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Di Kelas I Sdn Gajahmungkur 04 Semarang

Authors

  • Tri Antika Indah Listiana Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) berbantu papan hitung di kelas I pada materi penjumlahan dan pengurangan di SDN Gajahmungkur 04 Semarang. Hasil belajar peserta didik yang masih rendah khususnya pada pelajaran matematika menjadi perhatian tersendiri. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, dimana setiap tahapnya diawali dari perencanaan, pelaksanaan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Data penelitian diambil dengan menganalisis kinerja siswa yang diperoleh dari tes kemampuan, observasi dan dokumentasi. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah peserta didik di kelas 1 SDN Gajahmungkur 04 Semarang. Yang terdiri dari 17 siswa laki – laki dan 10 siswa perempuan.  Data hasil penelitian ini menunjukkan pencapaian hasil belajar  pra siklus terdapat 8 peserta didik yang tuntas sementara 19 peserta didik  belum tuntas. Sehingga diperlukan tindakan untuk dapat meningkatkan hasil belajar tersebut, pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 30% dimana terdapat peserta didik yang tuntas sebanyak 16 anak, sementara 11 peserta didik masih belum tuntas dan pada siklus II terdapat peserta didik yang tuntas sebanyak 23 peserta didik dan yang belum tuntas ada 4 peserta didik.  Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berbantu papan hitung dapat meningkatkan hasil belajar pada materi penjumlahan dan pengurangan di kelas 1 SDN Gajahmungkur 04 Semarang.

References

Arikunto, Suharsimi. dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151-164.

Hidayat, A. (2019, October). Implementasi Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Sebagai Manifestasi Tujuan Pembelajaran Matematika SD. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 698-705).

Kodariyati, L., & Astuti, B. (2016). Pengaruh model PBL terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 93-106.

Meilasari, S., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 3(2), 195-207

Mahera.A., Titi.S.,& Armis. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk Meningkatkan kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII MTS Darell Hikmah Pekanbaru. JOM FKIP. 5(1). http://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/20131

Maryati, I. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pola bilangan di kelas vii sekolah menengah pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63-74.

Mudiana, I. G., Bayu, I. W., & Aspini, N. A. (2021). Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 383-392.

Listyaningsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Tarl Model PBL Dalam Matematika Kelas V SDN Bendan Ngisor. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6).

Pratidina, D. (2021). Optimalisasi Penggunaan Teknologi Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Matematika UNMA Banten. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 11-20.

Trianto. 2007. Model-model pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Wahyuni, N. K. A., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia). Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 230-239.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Listiana, T. A. I. . (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Papan Hitung Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Di Kelas I Sdn Gajahmungkur 04 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1927–1935. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5336

Issue

Section

Prosiding 2023