323. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model CTL (Contextual Teaching And Learning) Berbantu Kartu Pecahan Kelas II

Authors

  • Laili Nur Hidayatul Latifah
  • Endang Wuryandini
  • Dewi Larasati

Keywords:

Peningkatan, aktivitas, hasil belajar, Contextual Teaching And Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar kelas II dengan penerapan model pembelajaran CTL (Contextul Teaching and Learning) berbantu media kartu pecahan di SD Negeri Gaji 1. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dam Mc Taggart yang meliputi Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II SD Negeri Gaji 1 yang berjumlah 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil belajar secara klasikal pada pra siklus 64% , meningkat menjadi 76% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 88% pada siklus II. Berdasarkan uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning berbantu media kartu pecahan pada tema 7 kebersamaan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II SD Negeri Gaji 1.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Latifah, L. N. H. ., Wuryandini, E. ., & Larasati, D. . (2023). 323. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model CTL (Contextual Teaching And Learning) Berbantu Kartu Pecahan Kelas II. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2883–2892. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4231

Issue

Section

Prosiding 2023