323. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model CTL (Contextual Teaching And Learning) Berbantu Kartu Pecahan Kelas II
Keywords:
Peningkatan, aktivitas, hasil belajar, Contextual Teaching And LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar kelas II dengan penerapan model pembelajaran CTL (Contextul Teaching and Learning) berbantu media kartu pecahan di SD Negeri Gaji 1. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dam Mc Taggart yang meliputi Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II SD Negeri Gaji 1 yang berjumlah 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil belajar secara klasikal pada pra siklus 64% , meningkat menjadi 76% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 88% pada siklus II. Berdasarkan uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning berbantu media kartu pecahan pada tema 7 kebersamaan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II SD Negeri Gaji 1.