318. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model PBL dengan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas V SDN Bango 1

Authors

  • Rizqi Izza Adiba
  • Rina Dwi Setyawa
  • Debora Sindi Pratiwi
  • Tuti Muryani

Keywords:

Hasil Belajar Siswa, Model PBL, Metode Eksperimen

Abstract

Latar belakang penelitian ini   berawal dari rendahnya   hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Zat tunggal dan zat campuran kelas VB SDN Bango 1 Kecamatan Demak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif melalui model PBL dengan metode Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB dengan jumlah 22 orang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model PTK yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc. Targgart yaitu dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada hasil evaluasi tindakan pertama siklus I nilai rata-rata mencapai 59,1 dan di kategorikan belum berhasil. Pada hasil evaluasi siklus II nilai rata-rata mencapai 78,2 berada dalam kategori baik dan sudah berhasil. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA materi Zat tunggal dan zat campuran pada mata pelajaran IPA kelas VB SD Negeri Bango 1 Kecamatan Demak meningkat dengan penerapan model PBL dan metode eksperimen. Berdasarkan hasil yang diperoleh, peneliti merekomendasikan kepada para guru untuk menggunakan model PBL dengan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA di SD agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Adiba, R. I. ., Setyawa, R. D. ., Pratiwi, D. S. ., & Muryani, T. . (2023). 318. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model PBL dengan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas V SDN Bango 1. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2838–2843. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4226

Issue

Section

Prosiding 2023