97. Improving Past Tenses Writing in Narrative Text Using Storytelling Technique at SMK N 6 Semarang

Authors

  • Muhammad Rizky
  • Theresia Cicik Shopia Budiman
  • Akhadun

Keywords:

Teks narasi, past tense, storytelling

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor peningkatan pengetahuan past tense bahasa Inggris peserta didik dalam topik bahasan teks narasi dan pengaruh teknik pembelajaran storytelling terhadap pengetahuan past tense peserta didik. Penelitian ini bersifat kuantitatif, dilaksanakan di SMK Negeri 6 Semarang, Indonesia. Sebab bahasa Inggris adalah kunci kemampuan dasar untuk menulis teks narasi, maka peserta didik harus dapat menguasai past tense. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah cluster random sampling, dan peneliti memilih satu kelas di SMK tersebut. Kelas tersebut merupakan X Perhotelan 4. Data didapatkan dari hasil pre-test dan post-test yang dikerjakan oleh peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Hasil penelitian ini adalah nilai yang diperoleh peserta didik dikelas tersebut menujukkan peningkatan, dari siklus 1 ke siklus 2 teknik storytelling cukup efektif menurut uji gen untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik mengenai past tense pada materi teks narasi.

                                                                                               

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Rizky, M. ., Budiman, T. C. S. ., & Akhadun. (2023). 97. Improving Past Tenses Writing in Narrative Text Using Storytelling Technique at SMK N 6 Semarang . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 889–896. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4035

Issue

Section

Prosiding 2023

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.