Enhancing Students' English Tenses Mastery by Using Liveworksheets (A Classroom Action Research at the Class X-1 of SMA N 9 Semarang in the Academic Year of 2023/2024)
Keywords:
Liveworksheets, Tata Bahasa Kalimat Bahasa InggrisAbstract
Pendidikan saat ini menghadapi berbagai tantangan unik, terutama dalam mengembangkan kemampuan berbahasa siswa, terutama dalam Bahasa Inggris, yang memiliki peran penting sebagai bahasa global. Salah satu aspek penting dari kemampuan berbahasa Inggris adalah pemahaman tata bahasa yang kuat, yang mempengaruhi kemampuan seseorang dalam menyampaikan gagasan secara koheren dan akurat. Di Indonesia, penguasaan tata bahasa dalam penguasaan bahasa Inggris masih menjadi masalah, terutama dalam penggunaan tense (present dan past). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan tata bahasa siswa, khususnya dalam penggunaan tense present dan past, dengan menggunakan platform pembelajaran daring Liveworksheets. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan bahwa siswa kelas X-1 di SMA N 9 Semarang sering mengalami kesulitan dalam menggunakan tenses dengan tepat dalam kalimat mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan utama, yaitu mengenai efektif tidaknya penggunaan platform Liveworksheets efektif dalam meningkatkan penguasaan tata bahasa siswa, khususnya dalam penggunaan tense (present tense dan past tense). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan dilakukan selama tahun akademik 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan siswa untuk menggunakan tense present dan past setelah menerapkan media Liveworksheets. Selain itu, siswa merespons positif terhadap penggunaan Liveworksheets sebagai alat pembelajaran yang interaktif dan menarik.
References
Agudelo-Angus, S. I., & Elena Niola-Sanmartin, R. I. (2022). Using liveworsheets to improve grammar in online classes to senior high school students Ciencias de la Educación Artículo de Revisión. 7(6), 825–838. https://doi.org/10.23857/pc.v7i6.4106
Aqib, Z. (2006). Penelitian Tindakan Kelas Untuk: Guru. Bandung. Yrama Widya.
Ayatov, R. I. (2021). ACTIVITIES TEACHING ENGLISH GRAMMAR IN THE CLASSROOMS. Scientific Journal Impact Factor, 2, 2181–1385. https://doi.org/10.24411/2181-1385-2021-00390
Cakrawati, L. M. (2017). STUDENTS’ PERCEPTIONS ON THE USE OF ONLINE LEARNING PLATFORMS IN EFL CLASSROOM. In English Language Teaching and Technology Journal (ELT-Tech Journal (Vol. 1, Issue 1).
Handayani, F. (2021). Correlation beetween Grammar Mastery and Writing Skill at the Tenth Grade Students of SMA Argopuro Panti Jember in the 2020/2021 Academic Year.
Hariana Wati, M., Hardi, S., & Sulistyo, T. (2023). Maximizing Students’ Vocabulary Mastery by Using Liveworksheet Apps. 3(8), 751–758. https://doi.org/10.17977/um065v3i82023p751-758
Hidayah, N., & Asari, S. (2022). J-SHMIC : Journal of English for Academic Investigating Students’ Listening Skill Using Liveworksheet as an Outline Teaching Platform. https://journal.uir.ac.id/index.php/jshmic
Huynh, V., Le, H., & Prabjandee, D. (2023). [Website Review] A Review of the Website Liveworksheets.com. In Computer Assisted Language Learning Electronic Journal CALL-EJ) (Vol. 24, Issue 1). https://www.youtube.com/watch?v=V5AM_qToJyc
Kaur, P., Stoltzfus, J., & Yellapu, V. (2018). Descriptive statistics. International Journal of Academic Medicine, 4(1), 60. https://doi.org/10.4103/IJAM.IJAM_7_18
Kılıçkaya, F. (2017). IMPROVING FORMATIVE ASSESSMENT IN LANGUAGE CLASSROOMS USING GRADECAM GO! In Teaching English with Technology (Vol. 17, Issue 4). http://www.tewtjournal.org
Kopniak, N. B., Zhaldak, M., Zakharova, I., Kolomiiets, A., Kukharenko, I., Lapinskyi, V., Leshchenko, M., Morze, N., Ovcharuk, O., Osadchyi, V., Rakov, S., Ramskyi, Y., Spirin, O., Tolkachova, H., Ablialimova, by E., Arkhipova, T., Balyk, N., Bykov, V., Diulicheva, Y., … Khamblin, D. (2018). THE USE OF INTERACTIVE MULTIMEDIA WORKSHEETS AT HIGHER EDUCATION INSTITUTIONS (Vol. 63).
Kurniati, E., Zaim, M., & Jufri, J. 1. (2021). Policy and Implementation of English Learning for Elementary Schools in Indonesia.
Okuyama, Y. (2020). Use of Tense and Aspect in Academic Writing in Engineering: Simple Past and Present Perfect. Journal of Pan-Pacific Association of Applied Linguistics, 24(1), 1–15. https://doi.org/10.25256/paal.24.1.1
Syahara, F. R. (2012). Improving the Students’ Grammar Mastery through EGRA Technique.
Wafa, K., & Zainuddin, M. (2020). Nomor 1 Edisi Juni 2020 ISSN (Printed) 2620-4797 Khoirul Wafa, Moh. Zainuddin, Peningkatan Penguasaan Simple Present Tense Melalui Kegiatan Writing Daily Activities Pada Mahasiswa TI. In JEC : Journal of Education and Counseling (Vol. 2).